8 Investasi yang Aman dan Menguntungkan

Apakah anda mencari cara untuk mendapatkan kebebasan finansial dan mendapatkan dana jaminan untuk masa depan anda? Jika begitu, maka saatnya bagi anda mempertimbangkan untuk melakukan investasi. Tapi sebelum anda memilih investasi yang paling aman dan menguntungkan, anda harus belajar lebih banyak tentang investasi.

Secara umum, ada dua jenis aset investasi, riil dan finansial. Anda dapat memilih untuk berinvestasi di dua pilihan ini yang sesuai kebutuhan anda. Sangat penting untuk memahami risiko yang berhubungan dengan jenis investasi yang anda inginkan, seperti devaluasi investasi dan kehilangan modal. TIdak perlu khawatr, karena selalu ada strategi untuk membantu anda mengantisipasi masalah tersebut.

Investasi dengan aset sebenarnya / riil berarti aset anda berwujud (tangible), seperi properti (rumah, tanah, toko, apartemen, dll.), emas, berlian, karya seni, dsb. Dan itu adalah bentuk investasi umum. Misalnya, tuan tanah membeli rumah, merenovasinya dan mengubahnya menjadi kos-kosan mahasiswa.

investasi yang aman dan menguntungkan
Setiap bulan, tuan tanah akan menerima pemasukan. Jika harga properti naik dan tuan tanah menjualnya, dia akan memperoleh keuntugan dari modal semula yang dibutuhkan untuk membeli rumah dan merenovasinya. Harga dari aset riil cenderung naik turun, tapi pada umumnya cenderung untuk terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Aset finansial juga termasuk aset riil. Meskipun tidak berwujud (intangible), aset ini mempunyai nilai yang tinggi. Aset finansial, atau surat berharga pada umumnya, adalah instrumen yang digunakan oleh dunia perbankan dan pasar modal. Yang termasuk aset finansial adalah indeks saham, mata uang asing, obligasi dan reksadana

Investasi yang aman dan menguntungkan

Properti
Properti adalah instrumen investasi menguntungkan jangka panjang, yaitu tanah beseta bangunan yang berdiri diatasnya. Anda dapat menuai keuntungan dari investasi properti dengan dua cara: penjualan properti dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga ketika pembelian dan penyewaan dari satu pihak ke pihak lain, yang memungkinakan untuk mendapatkan uang dari penyewa.


Emas
Kebanyakan orang memilih emas sebagai instrumen investasi jangka pendek. Emas adalah logam berharga dengan nilai yang tidak terpengaruh inflasi. Emas juga merupakan alat pembayaran yang dapat diterima di seluruh belahan dunia.


Tabungan
Jika anda berencana untuk membuat tujuan jangka pendek dari investasi anda, menyimpan uang di bank sangat direkomendasikan. Keuntungan yang anda peroleh dari bunga yang dibayar oleh bank bervariasi dari satu bank ke bank lain. Satu keuntungan dari jenis investasi ini adalah anda bisa mengambil uang anda dari tabungan kapanpun dan dimanapun.


Obligasi
Investasi obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan yang dirancang untuk mendanai proyek atau menambah modal. Keuntungan yang diperoleh investor adalah tingkat pengembalian modal yang lebih tinggi dari suku bunga tabungan dan deposito.

Deposito
Investasi ini sangat mirip dengan tabungan bank, tapi investor tidak bisa mengambil sewaktu waktu. Mereka hanya dapat mengambil uang sesuai tenggat waktu yang disepakati dari 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan satu tahun atau bahkan dua tahun. Suku bunga deposito cenderung lebih tinggi dari suku bunga bank.

Reksadana
Reksadana merupakan sarana untuk menghimpun dana dari investor yang dikelola oleh badan hukum, manajer investasi. Jadi dana yang anda investasikan berada di tangan seorang ahli yang akan menyalurkan dana untuk berbagai aset finansial untuk menghasilkan keuntungan. Anda dapat menikmasi hasil dari dana yang anda investasikan dalam instrumen yang menguntungkan.


Pertukaran mata uang asing
Beberapa investor yang suka tantangan dan sangat agresif dalam bisnis berfikir bahwa investasi di pasar finansial atau pertukaran mata uang asing adalah pilihan yang baik meskipun mungkin saja risiko kerugiannya besar. Ini disebabkan karena sistem trading yang naik turun dalam pertukaran mata uang asing, dimana sangat bergantung sekali pada permintaan dan penawaran dari pasar finansial. Dengan demikian, tidak hanya rentan terhadap fluktuasi tapi juga sangat tidak pasti.

Untuk berinvestasi di pasar finansial, anda dapat menjadi trader aktif dengan secara langsung terlibat di pasar finansial, melakukan analisis pasar, melakukan transaksi atau menjadi investor yang hanya menginvestasikan uang. Butuh waktu untuk mempelajari seni dari trading di pasar finanasial sampai menjadi ahli.

Saham
Saham adalah bentuk investasi yang menunjukkan kepemilikan sebuah perusahaan yang go public. Perusahaan menuai keuntungan dari investor untuk mengembangkan bisnisnya, sedangkan investor memperoleh keuntungan dari bentuk dividen atau sebagian keuntungan yang didapat perusahaan, yang jumlahnya berdasarkan saham yang ia punyai.

Saham adalah instrumen investasi yang baik karena bisa di perdagangkan, berarti saham yang anda punyai bisa anda jual ke pihak lain dengan harga lebih tinggi, dibandingkan ketika anda membelinya. BIlai perbedaan harga saham disebut capital gain.