Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal - 6 Langkah

Berinvestasi di bisnis properti adalah salah satu cara terbaik menghasilkan uang. Selama jangka panjang harga dan nilai propeti cenderung meningkat dan memberikan pendapatan yang stabil untuk sementara waktu. Dengan cara yang cerdik, selalu ada cara memulai bisnis properti tanpa modal. Cara utama untuk memulai bisnis ini tanpa modal adalah dengan menggunakan modal orang lain. Lakukan dengan bijaksana, bisnis ini sangat berpotensial memberikan lebih dari 100% untuk investasi anda.


Cara Memulai Bisnis Properti Tanpa Modal

    cara memulai bisnis properti tanpa modal
  1. Ambil kesempatan jika ada tawaran dari developer. Jika kita pernah melihat iklan yang menawarkan rumah tanpa uang muka, dengan sekian kali cicilan, dan siap huni. Manfaatkan moment langka tersebut. Dalam pelayanan ini, sebenarnya developer telah bekerjasama dengan pihak bank untuk menjual properti tanpa uang muka. Jadi begini, karena sebetulnya developer telah mempunyai tabungan yang ditahan yang nilainya sama dengan uang muka konsumen. Uang muka tersebut ditanggung sampai properti selesai serah terima.
  2. Perang diskon antar developer. Perang diskon antar developer bisa kita manfaatkan untuk mengajukan kredit ke bank. Mainkan saja diskonnya, seolah-olah sebagai uang muka yang kita bayarkan. Namun, ada baiknya jika kita terlebih dulu berkoordinasi dengan developernya. Suatu contoh, rumah tipe 36 seharga Rp120jt dengan diskon 10 %. Harga sebenarnya Rp108 juta. Jadi, ketika mengajukan KPR ke bank, kita bisa menjelaskan rumah tipe 36 memang Rp120 jt.
  3. Mark up harga. Harga properti bisa berbeda walaupun dalam satu lokasi. Ini adalah celah yang bisa kita manfaatkan dengan menaikkan harga sedikit lebih tinggi sesuai nilai uang muka. Namun, kita harus berkoordinasi dulu dengan developer sebelum transaksi. semisal, harga rumah tipe 36 adalah Rp100 jt. Kita bisa melakukan mark up hingga Rp110 jt, bila uang muka syarat bank 10%. Jadi, kita seolah-olah membayar Rp10 jt untuk mendapatkan KPR sebesar Rp 100 jt.
  4. Flip transaction. Modal dasar dalam bisnis properti tanpa modal ini, haruslah juga menguasai wilayah 80 kilometer persegi dari tempat yang hunian yang akan dibeli. Keuntungan dari penguasaan wilayah yakni mendapatkan informasi lebih cepat dan jelas. Jadi, ketika mengetahui sebuah properti dijual dengan harga di bawah pasar, kita bisa membalikkan transaksi (flip transaction). Caranya, kita membeli, menangguhkan pembayaran, lalu dijual kembali. Agar penjual menyetujui penangguhan, maka kita bisa menaikkan harga rumah dengan syarat pembayaran di belakang.
  5. Berbagi komisi dengan pemilik. Sama halnya dengan pembalikan transaksi, cara ini tinggal berkata jujur kepada pemilik properti, bahwa “jualannya” hendak dijual kembali dengan nilai lebih tinggi. Setelah meyakinkan si penjual, selanjutnya kita mencari pembeli. Jika sudah dapat pembeli, antar si pembeli melihat kondisi properti. Samakan harga jual antara kita dan si pemilik properti, agar jawabannya sama ketika si pembeli menanyakan harga.
  6. Menggunakan pendapatan sewa. Tinggal membuat kesepakatan dengan pemilik properti rumah. Semisal, bahwa pembayaran akan dilunasi dalam jangka waktu yang ditentukan. Setelah sepakat, segera buat iklan berisi penyewaan rumah dengan kita sebagai pemiliknya. Untuk memperoleh hasil dari pembayaran, berikan promo menarik kepada penyewa berupa hadiah-hadiah jika ia bersedia membayar sewa satu tahun di muka. selanjutnya, uang dari penyewa ini yang digunakan sebagai uang muka pembayaran rumah yang kita beli.


Artikel diatas menjawab pertanyaan anda tentang cara memulai bisnis properti tanpa modal? Jika anda punya pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk share, like, dan retweet artikel ini. Selamat berinvestasi!

IBX5B627F64244B2