Pewdiepie Dapatkan Rp 40 Milyar per Tahun dari Bermain Game!

Felix Kjellberg seorang Youtubers fenomena dari Swedia, atau yang lebih sering dikenal oleh gamers sebagai PewDiePie, yang mempunyai 27 juta subscribers dan menerima gaji sebesar $ 4 juta dari penayangan iklan Youtube per tahun, menurut sumber dari profil Kjellberg yang dilansir oleh The Wall Street Journal.

Kjellberg, 24 tahun, menciptakan PewDiePie 5 tahun yang lalu. Pada Desember 2012, dia menandatangani kesepakatan dengan pembuat konten video online Maker Studios, yang diakusisi oleh media raksasa Disney beberapa bulan lalu sebesar US $500 juta.

PewDiePie sangat terkenal karena video lucunya ketika dia sedang bermain game dan menarasikan dengan gaya khasnya pada kotak di ujung atas screen video yang menunjukkan berbagai macam reaksinya ketika sedang bermain. Dalam dua minggu saja, dia mengunggah lebih dari dua lusin videonya yang menampilkan berbagi judul game dan rata-rata per-videonya menarik lebih dari 2 juta viewer.

pewdiepie menerima gaji dari bermain video game
Pewdiepie telah memecahkan rekor petumbuhan dalam Youtube, melonjak dari 12 juta subscribers pada Agustus 2013 menjadi lebih dari 20 juta pada januari 2014. Banyak atribut kesuksesannya karena dia memberi perhatian kepada fans-nya, menjawab komentar mereka pada bagian komentar Youtube, dan membuat komunitasnya bernama “bros”.


Kjellberg mengakui bahwa video yang dia buat, memberi dorongan kepada developer untuk membuat game tidak hanya menyenangkan ketika dimainkan, tetapi juga menyenangkan ketika melihat orang lain memainkannya. “Sangat keren saat mempunyai pengaruh ini, tapi di waktu yang sama juga mengerikan,” Kata Kjellberg.

Sebelum dia terkenal sebagai bintang di Youtube, Kjellberg mengenyam bangku kuliah di Gothenburg, Swedia, mengunggah videonya di kala senggang. Dia kemudian dropout dari universitas dan memilih berjualan hot dogs.

Darimana nama PewDiePie berasal? Kjellberg mengatakan bahwa nama aslinya untuk akun Youtube adalah PewDie (“pew” dari suara pistol laser dan “die” untuk kematian), tapi setelah dia kehilangan password akunnya, dia muncul dengan nama baru, jadi dia menambahkan “Pie” seperti yang kita kenal sekarang.


Ketenaran dia di Youtube sebenarnya agak meresahkan, kata Kjellberg. “Saya sangat sentral di ranah Youtube sekarang, dan itu menarik sorot lampu yang menimbulkan banyak pertanyaan seperti ‘Kenapa anda sangat terkenal?’” kata Kjellberg. “saya lebih memilih untuk mempunyai sekitar 5 juta subscribers.”