Selebriti diketahui
karena banyaknya followers di social media mereka, tetapi kehadiran online Taylor
Swift tidak hanya ditandai oleh pertumbuhan pesat para fansnya. Superstar musik country dan
pop 24 tahun ini telah menguasai seni dari sosial marketing. Album dan
penjualan tiket konsernya bukan satu-satunya hal dimana ia mendapat keuntungan
dari strategi onlinenya – Bisnis anda juga bisa melakukan hal ini.
Swift memiliki 46 juta
followers di twitter, hampir 13 juta followers Instagram dan lebih dari 71 juta
fans Facebook. Tapi bintang ini benar-benar bersinar pada jejaring sosial terbarunya:
Tumblr.
Sepetember lalu, Swift mendaftar di Tumblr yang merupakan kabar baik bagi fansnya (biasa diebut
#swifties). Mengapa hal ini begitu penting? Pertama anda harus mengerti apa itu
Tumblr. Berikut penjelasannya:
- Bukan cuma jejaring sosial biasa. Tumblr adalah platform microblogging multimedia. Apa itu artinya? Tumblr bukan hanya tempat untuk berbagi update status dan foto dari liburan terakhir anda. Ketika anda masuk ke dalam dashboard Tumblr, anda mempunyai beberapa pilihan yang dapat anda gunakan: anda bisa berbagi tulisan, tautan, foto, video, audio, dan anda tidak hanya bisa membuat dan berbagi konten anda – seperti Twitter, dimana anda bisa me-retweet tweet yang orang lain buat untuk berbgai dengan followers anda, anda bisa menggunakan fitur “reblog” post di Tumblr.
- Tidak seperti platform publik seperti Twitter atau Facebook, Tumblr dilihat oleh pengguna sebagai komunitas. Tumblr adalah website jejaring sosial seperti yang lain. Tapi untuk pengguna rutin/ yang sudah terbiasa Tumblr sudah seperti komunitas besar dimana semua orang merasa seperti di rumah sendiri. Dan juga banyak komunitas-komunitas kecil dimana, selama beberapa tahun, pengguna satu membentuk jalinan pertemanan dengan pengguna lain yang berbagi minat yang sama di seluruh dunia. Beberapa komunitas kecil ini termasuk “fandoms” (grup berisi orang-orang yang mempunyai minat terhadap acara televisi, film, komik, atau buku yang sama). Dan ada juga pengguna yang saling berdebat dari kejadian yang sama atau saling berbagi kesamaan hobi seperti menulis atau bermain game.
Artikel terkait: 8 fitur facebook untuk berbisnis
- Pengguna Tumblr berbagi segalanya – meme lucu, fotografi, kata mutiara, quote, video lucu, puisi, musik dan terkadang pemikiran-pemikiran mereka – dan komunitas ini saling mendukung dan menerima satu sama lain.
Bagaimana Taylor Swift Mengguncang Sosial Marketing di Tumblr
Kesuksesan Swift di Tumblr
bukan karena dia berumur 20-an seperti mayoritas fansnya, atau dia sudah punya
basis fans yang besar. Ini karena dia merangkum semua yang pengguna Tumblr lakukan:
dia terbuka, lucu, berkepribadian menarik, interaktif, dan bersedia berbagi
kepentingan dirinya dengan dunia.
Ini yang Taylor Swift
lakukan (dan terus menerus dilakukan) dengan benar:
Dia meminta
pertolongan. Ketika dia pertama kali menginjakkan kaki pada rumitnya dunia Tumblr,
dia tidak hanya mem-posting konten dia. Dia mengirimkan pesan kepada fans-nya yang
berbunyi:
“Taylor disini. Aku
mengunci diri di kamar dan tidak akan pergi sampai aku mengetahui bagaimana
cara menggunakan Tumblr-ku. Ya, mungkin aku akan meninggalkan beberapa saat
untuk mengambil snack atau sesuatu, tapi begitulah. Aku akan FOKUS. Aku punya
banyak pertanyaan, tolong aku.”
Dan ketika komunitas
ini mulai merespon – Taylor me-reblog pengguna lain yang memberi tahunya untuk “bertanya”
– dia bertanya banyak pertanyaan bagaimana cara reblog, bagaimana menggunakan
GIF dan lain-lain.
“Kewalahan, mengambil nafas panjang,” posting Swift
Taylor Swift merangkul
komunitas. Setelah Swift belajar cara menggunakan Tumblr (karena fans-nya), dia
tidak langsung memposting kontennya atau berbicara tentang dirinya. Dia
menggunakannya untuk terhubung dengan fans dan menjadi bagian komunitas Tumblr.
Ketika fansnya mention dia dalam post-nya, dia me-reblog dan merespon. Dia juga
memfollow fans dia dan blog lain yang menarik minat dia.
Artikel terkait: 5 cara meningkatkan loyalitas pelanggan
Meskipun dia baru saja
merilis album baru dan sedang aktif berpromosi tur yang akan dia jalani, blog
milik Swift tidak menjenuhkan brandnya. Faktanya, kebanyakan adalah interaksi
pada komunitasnya (yang tidak pernah disadari dan dicapai oleh banyak brand di
Tumblr). Taylor swift seperti pengguna Tumblr lainnya, dan itu adalah bagian
besar yang membuat blognya sukses.
Dia tidak takut
terlalu menjurus ke arah personal atau lucu. Strategi Tumblr Swift sangat
penting karena dia tidak hanya berbagi apa yang fans-nya post tentang dia; dia berinteraksi
dengan cara yang sangat personal.
Contoh yang tepat untuk menggambarkan ini
adalah ketika dia menggunakan fitur tagging. Swift menggunakan tags seperti
kebanyakan pengguna lain, menulis hal-hal lucu. Sebagai contoh Swift
akhir-akhir ini me-reblog foto lucu Swift dan kucingnya, Olivia yang dipost
oleh pengguna lain. Swift menulis, “Are you slowly becoming your cat? Is your
cat slowly becoming you?”
Blog milik Taylor
Swift sangat sederhana dan teratur. Tata letaknya bersih, latar belakangnya
adalah sampul album terbarunya, ada link menuju sosial media yang lain, dan
widget iTunes dipasang dimana pengguna lain dapat memebeli dan mendengarkan
rilis terbarunya.
Mengapa hal ini begitu
penting? Sejak Swift menggunakan blognya untuk berinteraksi dengan komunitas,
dia tidak memerlukan tema yang mewah dan aneh-aneh. Blognya sudah sesuai dengan
yang dibutuhkan dan tidak terlihat berlebihan bagi para pengunjungnya. Dan yang
terpenting, tersedianya link untuk pengunjung membeli albumnya dan terhubung dengan
dia, hal ini tidak membuat pengunjung seakan-akan dibujuk untuk membeli
sesuatu. Tidak seperti iklan untuk sebuah merk, blog Tumblr Taylor Swift terasa
seperti blog-blog pada umumnya.
Baca juga: Rahasia sukses bisnis internet
Jika anda ingin bisnis
anda masuk ke dalam komunitas Tumblr, ikuti langkah Swift. Modifikasi konten
anda kepada audiens dengan cara terbaik, buatlah interaksi yang personal dan
lucu ketika anda bisa, dan biasakan untuk interaktif. Jangan seperti brand-brand
lain yang hanya posting kontennya – gunakan persona yang terhubung dengan
audiens anda dan bergabunglah dalam komunitas!