Sosial Marketing yang Dilakukan oleh Taylor Swift

Selebriti diketahui karena banyaknya followers di social media mereka, tetapi kehadiran online Taylor Swift tidak hanya ditandai oleh pertumbuhan pesat para fansnya. Superstar musik country dan pop 24 tahun ini telah menguasai seni dari sosial marketing. Album dan penjualan tiket konsernya bukan satu-satunya hal dimana ia mendapat keuntungan dari strategi onlinenya – Bisnis anda juga bisa melakukan hal ini.

Swift memiliki 46 juta followers di twitter, hampir 13 juta followers Instagram dan lebih dari 71 juta fans Facebook. Tapi bintang ini benar-benar bersinar pada jejaring sosial terbarunya: Tumblr.

Sepetember lalu, Swift mendaftar di Tumblr yang merupakan kabar baik bagi fansnya (biasa diebut #swifties). Mengapa hal ini begitu penting? Pertama anda harus mengerti apa itu Tumblr.  Berikut penjelasannya:

  • Bukan cuma jejaring sosial biasa. Tumblr adalah platform microblogging multimedia. Apa itu artinya? Tumblr bukan hanya tempat untuk berbagi update status dan foto dari liburan terakhir anda. Ketika anda masuk ke dalam dashboard Tumblr, anda mempunyai beberapa pilihan yang dapat anda gunakan: anda bisa berbagi tulisan, tautan, foto, video, audio, dan anda tidak hanya bisa membuat dan berbagi konten anda – seperti Twitter, dimana anda bisa me-retweet tweet yang orang lain buat untuk berbgai dengan followers anda, anda bisa menggunakan fitur “reblog” post di Tumblr.
  • Tidak seperti platform publik seperti Twitter atau Facebook, Tumblr dilihat oleh pengguna sebagai komunitas. Tumblr adalah website jejaring sosial seperti yang lain. Tapi untuk pengguna rutin/ yang sudah terbiasa Tumblr sudah seperti komunitas besar dimana semua orang merasa seperti di rumah sendiri. Dan juga banyak komunitas-komunitas kecil dimana, selama beberapa tahun, pengguna satu membentuk jalinan pertemanan dengan pengguna lain yang berbagi minat yang sama di seluruh dunia. Beberapa komunitas kecil ini termasuk “fandoms” (grup berisi orang-orang yang mempunyai minat terhadap acara televisi, film, komik, atau buku yang sama). Dan ada juga pengguna yang saling berdebat dari kejadian yang sama atau saling berbagi kesamaan hobi seperti menulis atau bermain game.
  • Pengguna Tumblr berbagi segalanya – meme lucu, fotografi, kata mutiara, quote, video lucu, puisi, musik dan terkadang pemikiran-pemikiran mereka – dan komunitas ini saling mendukung dan menerima satu sama lain.

Bagaimana Taylor Swift Mengguncang Sosial Marketing di Tumblr

sosial marketing yang dilakukan taylor swift
Kesuksesan Swift di Tumblr bukan karena dia berumur 20-an seperti mayoritas fansnya, atau dia sudah punya basis fans yang besar. Ini karena dia merangkum semua yang pengguna Tumblr lakukan: dia terbuka, lucu, berkepribadian menarik, interaktif, dan bersedia berbagi kepentingan dirinya dengan dunia.

Ini yang Taylor Swift lakukan (dan terus menerus dilakukan) dengan benar:

Dia meminta pertolongan. Ketika dia pertama kali menginjakkan kaki pada rumitnya dunia Tumblr, dia tidak hanya mem-posting konten dia. Dia mengirimkan pesan kepada fans-nya yang berbunyi:

“Taylor disini. Aku mengunci diri di kamar dan tidak akan pergi sampai aku mengetahui bagaimana cara menggunakan Tumblr-ku. Ya, mungkin aku akan meninggalkan beberapa saat untuk mengambil snack atau sesuatu, tapi begitulah. Aku akan FOKUS. Aku punya banyak pertanyaan, tolong aku.”

Dan ketika komunitas ini mulai merespon – Taylor me-reblog pengguna lain yang memberi tahunya untuk “bertanya” – dia bertanya banyak pertanyaan bagaimana cara reblog, bagaimana menggunakan GIF dan lain-lain.

“Kewalahan, mengambil nafas panjang,” posting Swift

Taylor Swift merangkul komunitas. Setelah Swift belajar cara menggunakan Tumblr (karena fans-nya), dia tidak langsung memposting kontennya atau berbicara tentang dirinya. Dia menggunakannya untuk terhubung dengan fans dan menjadi bagian komunitas Tumblr. Ketika fansnya mention dia dalam post-nya, dia me-reblog dan merespon. Dia juga memfollow fans dia dan blog lain yang menarik minat dia.


Meskipun dia baru saja merilis album baru dan sedang aktif berpromosi tur yang akan dia jalani, blog milik Swift tidak menjenuhkan brandnya. Faktanya, kebanyakan adalah interaksi pada komunitasnya (yang tidak pernah disadari dan dicapai oleh banyak brand di Tumblr). Taylor swift seperti pengguna Tumblr lainnya, dan itu adalah bagian besar yang membuat blognya sukses.

Dia tidak takut terlalu menjurus ke arah personal atau lucu. Strategi Tumblr Swift sangat penting karena dia tidak hanya berbagi apa yang fans-nya post tentang dia; dia berinteraksi dengan cara yang sangat personal. 

Contoh yang tepat untuk menggambarkan ini adalah ketika dia menggunakan fitur tagging. Swift menggunakan tags seperti kebanyakan pengguna lain, menulis hal-hal lucu. Sebagai contoh Swift akhir-akhir ini me-reblog foto lucu Swift dan kucingnya, Olivia yang dipost oleh pengguna lain. Swift menulis, “Are you slowly becoming your cat? Is your cat slowly becoming you?”

Blog milik Taylor Swift sangat sederhana dan teratur. Tata letaknya bersih, latar belakangnya adalah sampul album terbarunya, ada link menuju sosial media yang lain, dan widget iTunes dipasang dimana pengguna lain dapat memebeli dan mendengarkan rilis terbarunya.

Mengapa hal ini begitu penting? Sejak Swift menggunakan blognya untuk berinteraksi dengan komunitas, dia tidak memerlukan tema yang mewah dan aneh-aneh. Blognya sudah sesuai dengan yang dibutuhkan dan tidak terlihat berlebihan bagi para pengunjungnya. Dan yang terpenting, tersedianya link untuk pengunjung membeli albumnya dan terhubung dengan dia, hal ini tidak membuat pengunjung seakan-akan dibujuk untuk membeli sesuatu. Tidak seperti iklan untuk sebuah merk, blog Tumblr Taylor Swift terasa seperti blog-blog pada umumnya.



Jika anda ingin bisnis anda masuk ke dalam komunitas Tumblr, ikuti langkah Swift. Modifikasi konten anda kepada audiens dengan cara terbaik, buatlah interaksi yang personal dan lucu ketika anda bisa, dan biasakan untuk interaktif. Jangan seperti brand-brand lain yang hanya posting kontennya – gunakan persona yang terhubung dengan audiens anda dan bergabunglah dalam komunitas!