10 Peluang Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga

Semua ibu rumah tangga ingin memberi sesuatu yang lebih kepada keluarga, tetapi tugas ibu adalah menetap di rumah dan mengurus urusan rumah. Untungnya, pertumbuhan pekerjaan di rumah telah memberikan jalan agar ibu rumah tangga bisa melakukan keduanya. Bagi ibu rumah tangga yang bisa bekerja di rumah menjadikan keluarganya pusat perhatian, tetapi juga memberikan pendapatan tambahan dari bisnisnya.

Meski tentu saja tidak mudah, memulai bisnis Anda sendiri bisa menjadi kunci untuk mencapai impian pribadi dan pekerjaan Anda sendiri. Untuk membantu Anda memulai, kami telah menyusun 10 daftar peluang bisnis untuk ibu rumah tangga:

Peluang bisnis untuk ibu rumah tangga

Bisnis Kerajinan Tangan
Ada banyak cara memanfaatkan kecintaan anda pada kerajinan tangan. Anda dapat menjual barang buatan anda di took merchandise local dan bazar, atau anda jual secara online lewat eBay, dan toko online di Indonesia. Anda juga bisa membuat blog tentang tutorial dari kerajinan tangan yang anda buat, kombinasikan ketiganya dan dapatkan penghasilan.

peluang bisnis untuk ibu rumah tangga
Penulis Freelance
Kebutuhan akan penulis telah bertumbuh secara signifikan akhir-akhir tahun ini. Dari situs menulis artikel atau permintaan tulisan dari klien, pilihan anda tidak terbatas. Jika anda tertarik dalam bisnis ini, pertimbangkan untuk mengkhususkan penulisan anda dalam industri tertentu, seperti kesehatan, berkebun, bisnis atau review sebuah produk.


Dekorator Kue
Punya passion untuk membuat kue tampak cantik? Dengan beberapa contoh dari hasil kreasi anda dan sedikit sosial networking, anda bisa membangun bisnis impian anda ini. Selalu ada kesempatan dari perayaan dan pesta, dan kue tidak jauh-jauh dari situ. Tingkatkan peluang anda untuk stand out dengan bantuan sosial media atau koneksi.

Menjahit
Jahit menjahit adalah salah satu peluang bisnis ibu rumah tangga yang menguntungkan, jika anda pernah mengikuti pelatihan, keterampilan dalam jahit menjahit, dan mencintai profesi ini anda dapat memulai bisnis ini dengan mudah. Mulailah dari satu, dua pelanggan dan promosikanlah hasil karya anda. Jika bisnis anda ini sudah berskala besar anda bisa bekerja sama dengan perusahaan garment.

Salon Kecantikan
Ini adalah bisnis yang berfokus pada kecantikan dan tata rambut, salon kecantikan banyak peminat dan permintaannya dewasa ini. Jika anda terlatih di bidang ini, anda dapat memulai bisnis ini dari rumah anda. Ketika bisnis ini sudah berkembang anda bisa mempekerjakan beberapa karyawan.

Desainer Grafis
Banyak peluang kerja yang diperuntukkan keahlian ini. Anda bisa bekerja sebagai freelance desainer grafis atau illustrator. Anda juga bisa memanfaatkan skill anda untuk menciptakan stationery, printables bahkan desain template web anda sendiri. Anda juga bisa mengkhususkan diri dalam bidang tertentu seperti desain logo, infografis, brosur atau laporan tahunan.

Restoran/Warung
Suka masak? Mungkin peluang bisnis untuk ibu rumah tangga ini cocok untuk anda. Jika rumah anda letaknya strategis, anda bisa memulai bisnis ini di rumah anda. Kabar baiknya bisnis ini memberikan balik modal yang cepat, namun mungkin anda harus sedikit berinvestasi untuk mendekorasi restoran anda. Tapi yang paling penting dari bisnis restoran adalah rasa, kualitas masakan dan servis yang anda berikan, pikirkan ini sebelum benar-benar memulai bisnis anda.

Konsultan Sosial Media
Dengan pertumbuhan situs seperti facebook, twitter, dan pinterest, kebutuhan dari seseorang untuk membantu bisnis mereka membuat peluang bisnis untuk ibu ruah tangga ini sangat tinggi. Jika anda suka sekali menggunakan platform sosial media ini dan bisa membantu sebuah perusahaan untuk berkembang, maka ini adalah bisnis yang cock untuk anda.

Travel Planner
Suka membuat rencana untuk pergi liburan, tapi tidak selalu terwujud? Lakukan itu untuk dengan baik dan rencanakan untuk orang lain. Seorang travel planner ahli dalam menyediakan travel seperti apa yang dibutuhkan kliennya. Tujuan anda adalah untuk menciptakan pengalaman terbaik dari anggaran yang disediakan oleh klien. Keahlian anda untuk menganalisa dan memutuskan  sangat dibutuhkan dalam bisnis ini, yang anda harus kerjakan adalah mencari informasi lokal sperti restoran, tempat penginapan, museum, dan tempat hiburan lainnya.

Pet Daycare Service
Peluang Industri hewan peliharaan sedang booming dan bertumbuh, mulai banyak orang yang punya hewan peliharaan yang butuh jasa ini. Kecintaan anda akan hewan dapat diaplikasikan dalam bayak layanan seperti perawatan hewan (grooming dan memandikan), makanan hewan buatan rumah, mengajak jalan-jalan dan juga penitipan hewan peliharaan.

Masih banyak lagi peluang bisnis untuk ibu rumah tangga yang bisa anda temukan, sesuaikan dengan hobi, keahlian, waktu dan tempat kerja anda. Ketika melakukan bisnis ada jangan sampai lalai dalam mengurus keluarga dan anda harus berani mengkompromikan itu.