Ingin Menghasilkan Ide Bisnis Kreatif, begini caranya

Tahun ini adalah tahun yang bagus untuk memulai bisnis. Tapi, tentu saja anda harus memikirkan konsep yang kreatif dan matang. Bagi banyak calon pengusaha, langkah pertama adalah rintangan besar: jika anda tidak menemukan ide bisnis kreatif secara alami, anda perlu berlatih untuk berpikir secara lateral. Menghasilkan ide adalah bagian yang menyenangkan dalam bisnis, meskipun dalam bagian ini anda tidak dibatasi oleh uang dan waktu, jadi kemungkinannya tidak terbatas.


Ide bisa datang dari mana saja, dari cara apa saja misalnya berjalan di lorong-lorong toko sampai brainstorming tentang kejanggalan di tempat tertentu. Berikut adalah 8 teknik yang dapat membantu anda menghasilkan ide bisnis kreatif:

Menghasilkan ide bisnis kreatif

Tanyakan pada diri anda. “Apa berikutnya?”
menghasilkan ide bisnis kreatifIde bisnis yang sukses seringkali berada di atas kurva. Pikirkan tentang tren dan teknologi di dunia dan bagaimana caranya anda bergerak ke arah sana, sebagai contoh pikirkan sebuah inovasi yang berhubungan dengan ruang keluarga dan sistem home entertainment dimana perusahaan seperti Apple yang sedang mengembangkan teknologi televisi terbaru. Menggabungkan kenyamanan berada di rumah dan sekaligus terhibur.

Lakukan sesuatu tentang apa yang mengganggu anda
Colin Barceloux penemu BookRenter.com pada saat masa kuliahnya berpikir bahwa harga buku teks sangat mahal, Di 2007, dua tahun setelah ia lulus, dia memutuskan untuk beraksi dan menemukan BookRenter.com di San Mateo, California yaitu bisnis rental buku teks dengan diskon 60%. Ia memulainya sendiri terinspirasi dari hal yang mengganggu dia dan sekarang sudah berjumlah 1,5 juta pengguna dan 200 karyawan. “Anda harus mencari hal apa yang mengganggu anda, disitulah ada ide bisnis” kata Colin.

Carilah Niche baru
Ide bisnis anda tidak harus selalu dari ide bisnis yang sudah ada. Lihatlah bagian-bagian yang terlewatkan oleh pemain-pemain besar dalam sebuah industri  dan pikirkan bagaimana cara mengisi bagian yang tidak diisi tersebut. Sebagai contoh Stephen Key pada tahun 2003 menyadari perusahaan pick gitar besar tidak menawarkan pick model baru yang bisa dikoleksi. Lalu Stephen Key membuat perusahaannya sendiri bernama Hot Picks yang ada di California, dia menciptakan pick dengan desain kepala tengkorak yang bisa mengisi niche baru yang tidak disadari oleh perusahaan pick besar tersebut. Dan terjual di 1000 toko, termasuk Wal-Mart dan 7-eleven. “Pemain-pemain bisnis besar meninggalkan celah dan peluang dalam ranah bisnis mereka.” Kata dia.

Gunakan keahlian anda di bidang baru
Pikirkan tentang keahlian anda dan bukan tidak mungkin jika keahlian anda akan berguna di area baru. Sebagai contoh, JMC Soundboard, perusahaan berbasis di Swiss itu membuat loudspeaker high-end, dimana Jean Michael yang menciptakan speaker tersebut menggunakan pengalaman dia dalam membuat gitar, menggunakan kerapian resonansi yang sama untuk menciptakan loudpeaker dengan kualitas suara yang tinggi dan terlihat seperti panel kayu yang ramping. Ada juga Providence, perusahaan yang ditemukan oleh Julie Sygiel, yang menggunakan pengalamannya dalam bidang teknik kimia untuk menciptakan bahan pakaian yang tahan noda dan anti bocor untuk wanita aktif tanpa khawatir tentang kebocoran menstruasi selama olahraga.


Temukan kategori yang kurang inovasi
Ketika ingin menghasilkan ide bisnis kreatif, identifikasilah pasar yang belum punya banyak inovasi. Dan ciptakan ide inovasi anda dalam bentuk barang atau jasa yang mempermudah konsumen dalam menjangkau pasar tersebut.

Buatlah versi yang lebih murah dari produk yang sudah ada
Sebuah usaha biasanya memulai menawarkan konsumen dengan barang yang sudah pernah ada dengan harga yang lebih murah. Setiap orang ingin smartphone canggih, tapi tidak semua orang bisa membelinya, tugas anda untuk menciptakan versi smartphone tersebut dengan harga yang lebih murah, atau bisa juga produk-produk lain sebagai contoh.

Bicaralah kepada pembeli
Untuk mendatangkan ide yang memenuhi kebutuhan konsumen, tidak ada cara yang lebih baik dari berbicara kepada pembeli. Jika anda berminat kepada sepeda gunung, nongkronglah di toko-toko olahraga dan tanyalah pembeli disana apa yang mereka inginkan dan mereka temukan di toko. Jika anda berminat, pertimbangkan untuk mengirimkan survey online kepada konsumen potensial untuk mempelajari apa kebutuhan dan minat mereka.


Mengkombinasikan barang
Berjalan-jalanlah di toko mainan, alat perkakas, atau obat-obatan kombinasikan dua produk dari lorong yang berbeda satu sama lain. Hal tersebut akan menimbulkan percikan-percikan ide. Mungkin saja anda menemukan ide yang buruk, tapi disaat yang bersamaan anda akan menemukan ide cemerlang dari sana.