Tahun ini adalah tahun
yang bagus untuk memulai bisnis. Tapi, tentu saja anda harus memikirkan konsep
yang kreatif dan matang. Bagi banyak calon pengusaha, langkah pertama adalah
rintangan besar: jika anda tidak menemukan ide bisnis kreatif secara alami,
anda perlu berlatih untuk berpikir secara lateral. Menghasilkan ide adalah
bagian yang menyenangkan dalam bisnis, meskipun dalam bagian ini anda tidak
dibatasi oleh uang dan waktu, jadi kemungkinannya tidak terbatas.
Artikel terkait: 7 ide bisnis kreatif dan unik
Ide bisa datang dari
mana saja, dari cara apa saja misalnya berjalan di lorong-lorong toko sampai brainstorming
tentang kejanggalan di tempat tertentu. Berikut adalah 8 teknik yang dapat membantu
anda menghasilkan ide bisnis kreatif:
Menghasilkan ide bisnis kreatif
Tanyakan pada diri
anda. “Apa berikutnya?”
Ide bisnis yang sukses
seringkali berada di atas kurva. Pikirkan tentang tren dan teknologi di dunia
dan bagaimana caranya anda bergerak ke arah sana, sebagai contoh pikirkan
sebuah inovasi yang berhubungan dengan ruang keluarga dan sistem home
entertainment dimana perusahaan seperti Apple yang sedang mengembangkan
teknologi televisi terbaru. Menggabungkan kenyamanan berada di rumah dan
sekaligus terhibur.
Lakukan sesuatu
tentang apa yang mengganggu anda
Colin Barceloux penemu
BookRenter.com pada saat masa kuliahnya berpikir bahwa harga buku teks sangat
mahal, Di 2007, dua tahun setelah ia lulus, dia memutuskan untuk beraksi dan
menemukan BookRenter.com di San Mateo, California yaitu bisnis rental buku teks
dengan diskon 60%. Ia memulainya sendiri terinspirasi dari hal yang mengganggu
dia dan sekarang sudah berjumlah 1,5 juta pengguna dan 200 karyawan. “Anda
harus mencari hal apa yang mengganggu anda, disitulah ada ide bisnis” kata
Colin.
Carilah Niche baru
Ide bisnis anda tidak
harus selalu dari ide bisnis yang sudah ada. Lihatlah bagian-bagian yang
terlewatkan oleh pemain-pemain besar dalam sebuah industri dan pikirkan bagaimana cara mengisi bagian
yang tidak diisi tersebut. Sebagai contoh Stephen Key pada tahun 2003 menyadari
perusahaan pick gitar besar tidak menawarkan pick model baru yang bisa dikoleksi.
Lalu Stephen Key membuat perusahaannya sendiri bernama Hot Picks yang ada di
California, dia menciptakan pick dengan desain kepala tengkorak yang bisa
mengisi niche baru yang tidak disadari oleh perusahaan pick besar tersebut. Dan
terjual di 1000 toko, termasuk Wal-Mart dan 7-eleven. “Pemain-pemain bisnis
besar meninggalkan celah dan peluang dalam ranah bisnis mereka.” Kata dia.
Gunakan keahlian anda
di bidang baru
Pikirkan tentang
keahlian anda dan bukan tidak mungkin jika keahlian anda akan berguna di area
baru. Sebagai contoh, JMC Soundboard, perusahaan berbasis di Swiss itu membuat
loudspeaker high-end, dimana Jean Michael yang menciptakan speaker tersebut menggunakan
pengalaman dia dalam membuat gitar, menggunakan kerapian resonansi yang sama
untuk menciptakan loudpeaker dengan kualitas suara yang tinggi dan terlihat
seperti panel kayu yang ramping. Ada juga Providence, perusahaan yang ditemukan
oleh Julie Sygiel, yang menggunakan pengalamannya dalam bidang teknik kimia
untuk menciptakan bahan pakaian yang tahan noda dan anti bocor untuk wanita
aktif tanpa khawatir tentang kebocoran menstruasi selama olahraga.
Temukan kategori yang
kurang inovasi
Ketika ingin menghasilkan
ide bisnis kreatif, identifikasilah pasar yang belum punya banyak inovasi. Dan
ciptakan ide inovasi anda dalam bentuk barang atau jasa yang mempermudah
konsumen dalam menjangkau pasar tersebut.
Buatlah versi yang
lebih murah dari produk yang sudah ada
Sebuah usaha biasanya
memulai menawarkan konsumen dengan barang yang sudah pernah ada dengan harga
yang lebih murah. Setiap orang ingin smartphone canggih, tapi tidak semua orang
bisa membelinya, tugas anda untuk menciptakan versi smartphone tersebut dengan
harga yang lebih murah, atau bisa juga produk-produk lain sebagai contoh.
Bicaralah kepada
pembeli
Untuk mendatangkan ide
yang memenuhi kebutuhan konsumen, tidak ada cara yang lebih baik dari berbicara
kepada pembeli. Jika anda berminat kepada sepeda gunung, nongkronglah di
toko-toko olahraga dan tanyalah pembeli disana apa yang mereka inginkan dan
mereka temukan di toko. Jika anda berminat, pertimbangkan untuk mengirimkan
survey online kepada konsumen potensial untuk mempelajari apa kebutuhan dan
minat mereka.
Mengkombinasikan
barang
Berjalan-jalanlah di
toko mainan, alat perkakas, atau obat-obatan kombinasikan dua produk dari
lorong yang berbeda satu sama lain. Hal tersebut akan menimbulkan
percikan-percikan ide. Mungkin saja anda menemukan ide yang buruk, tapi disaat
yang bersamaan anda akan menemukan ide cemerlang dari sana.