Ingin Naik Jabatan, Milikilah Tubuh dan Penampilan yang Sehat

Jika anda ingin naik ke puncak jabatan perusahaan anda, lebih baik sekarang buang makanan tidak sehat anda dan pastikan anda makan dengan diet yang sehat. Penelitian baru menunjukkan, daripada mencari pimpinan yang terlihat sangat cerdas, orang-orang lebih mencari kandidat yang terlihat dan mempunyai penampilan yang sehat untuk menjalankan perusahaan mereka, menurut penelitian baru-baru ini yang dipublikasikan dalam jurnal Frontier di Human Neuroscience.

Untuk penelitian ini, peneliti memeriksa preferensi implisit kandidat untuk ciri-ciri seorang pemimpin seperti kesehatan, kecerdasan, dan daya tarik, dan bagaimana mereka mencari informasi tentang sifat-sifat ini dalam penampilan fisik orang lain.

Brian Spisak, penulis utama penelitian dan asisten profesor di VU University Amsterdam, mengatakan tim peneliti menemukan bahwa calon pemimpin yang terlihat sehat selalu mendapatkan posisi yang ia mau.


“Politisi dan eksekutif mengerahkan segala upaya, waktu dan uangnya untuk penampilan,” kata Spisak dalam pernyataannya. “Jika anda ingin terpilih untuk posisi kepemimpinan, terlihat cerdas adalah tambahan opsional dalam situasi/konteks tertentu, sedangkan penampilan yang sehat tampaknya menjadi lebih penting dalam konteks umum untuk berbagai situasi.”

Penelitian naik jabatan dan hubungannya dengan kesehatan

Sebagai bagian dari penelitian, peneliti menanyakan 148 pria dan wanita untuk membayangkan mereka sedang memilih CEO baru untuk perusahaan mereka, dan memilih satu dari dua foto wajah pria. Untuk setiap pilihan, partisipan diberikan deskripsi pekerjaan yang dikhususkan sebagai tantangan utama CEO, dimana termasuk mengarahkan perusahaan dalam kompetisi pasar yang agresif, renegosiasi kemitraan dengan perusahaan lain, memimpin perubahan perusahaan ke arah pasar baru, dan eksploitasi berkelanjutan dari energi yang tak terbarukan.

ingin naik jabatan, penampilan sehat


Dalam setiap pilihan, kedua foto adalah dua orang yang sama. Wajahnya, telah diubah secara digital untuk terlihat lebih atau sedikit pintar, sedangkan penampakan kulitnya terlihat sehat atau kurang sehat. Untuk fotonya sendiri, peneliti menggunakan program software yang dirancang khusus untuk menciptakan penampilan sehat dan pintar dari kedua kandidat. Selain itu, peneliti juga membagi grup penelitian ini untuk menilai kesehatan, kecerdasan, maskulinitas, dan daya tarik dari setiap foto untuk menentukan dimana dari salah satu ini yang paling sehat dan cerdas dan yang tidak terlihat seperti itu.


Penulis penelitian menemukan preferensi umum paling kuat adalah kesehatan dibandingkan kecerdasan. Secara khusus, partisipan penelitian memilih wajah yang terlihat sehat sebanyak 69 persen. Preferensi mereka sama-sama kuat terlepas dari skenario yang disajikan dengan foto tersebut.

Peneliti menemukan bahwa kandidat semakin terlihat cerdas lebih disukai hanya untuk situasi yang memerlukan diplomasi dan penemuan baru – misalnya, untuk renegosiasi kemitraan dan menjelajahi pasar-pasar baru.