Cara Mining Bitcoin dengan Software (Penambang Bitcoin)

Bitcoin bertindak seperti uang tunai, tetapi bitcoin bisa ditambang seperti emas. Jadi bagaimana seseorang masuk kedalam perburuan penambangan bitcoin?

Jika dilakukan secara benar dan bersedia mengambil risiko investasi, anda bisa memiliki beberapa bitcoin anda sendiri – dimana bitcoin saat ini memiliki harga mingguan rata-rata sebesar $945 dalam bursa bitcoin terbesar.

Ada berapa bitcoin di luar sana?
Ketika algoritma diciptakan di bawah nama samaran Satoshi Nakamoto, ia menetapkan batas jumlah bitcoin yang ada di dunia ini sebesar 21 juta. Saat ini lebih dari 12 juta sudah beredar. Itu berarti setidaknya 9 juta bitcoin menanti untuk ditemukan (mining bitcoin).

Sejak 2009 jumlah bitcoin yang ditambang terus meroket. Begitulah aturan sistemnya – mudah ditambang pada walnya, semakin susah pada akhirnya ketika mendekati 21 juta bitcoin. Pada kecepatan penambangan yang ada saat ini, bitcoin terakhir akan ditambang pada tahun 2140.

Apa sebenarnya mining bitcoin itu?
Ada tiga cara untuk mendapatkan bitcoin: membeli dari bursa bitcoin, menerimanya dari pembayaran produk dan jasa yang anda jual, dan mining bitcoin yang baru. “Mining” adalah istilajh untuk menemukan bitcoin baru (seperti menambang emas). Dalam kenyataannya, ini adalah verifikasi transaksi bitcoin.


Sebagai contoh, Budi membeli TV dari Agus dengan bitcoin. Dalam rangka untuk memastikan bitcoin-nya Budi adalah asli, penambang mulai memverifikasi transaksi. Tidak hanya satu transaksi indivdual saja yang akan diverifikasi; ada banyak. Semua transaksi dikumpulkan menjadi satu dalam kotak dengan gembok virtual (disebut block chains)

cara mining bitcoin dengan software

Si penambang akan menjalankan software untuk menemukan kunci yang akan membuka gembok itu

Setelah komputer menemukannya, kotak akan terbuka dan transaksi telah diverifikasi. Untuk menemukan kunci dalam “tumpukan jerami” tersebut, penambang akan mendapatkan reward sebesar 25 bitcoin..

Saat ini sejumlah usaha untuk menemukan kunci yang benar sudah ada 1.789.546.951,05 kali, menurut Blockchain.info (situs transaksi bitcoin real-time)

Denga jumlah usaha sebanyak itu, reward 25 bitcoin diberikan setiap 10 menit. Pada tahun 2017, e bitcoin untuk sebuah transaksi yang terverifikasi akan dipotong setengah menjadi 12.5 bitcoin baru dan akan terus berlanjut setiap 4 tahun sekali.  

Bagaimana cara mining bitcoin dengan software?

cara mining bitcoin dengan software
Cara bitcoin mining dapat dilakukan oleh pengguna komputer awam (yang menggunakan software dasar dan hardware khusus)

Software yang dibutuhkan untuk mining bitcoin mudah digunakan dan bersifat open source – yang artinya gratis untuk di download dan dijalankan.

Seorang calon penambang membutuhkan bitcoin wallet (akun bank online yang ter-enkripsi) untuk menyimpan bitcoin yang sudah diperoleh. Masalahnya adalah dalam banyak skenario bitcoin, wallets tidak diatur dalam aturan hukum dan rentan terhadap serangan. Akhir tahun lalu, seorang hackers melakukan pencurian bitcoin dimana mereka berhasil mencuri seharga US $1,2 juta dari situs Inputs.io. Ketika bitcoin hilang atau dicuri itu artinya benar-benar hilang, seperti uang tunai. Denga tidak adanya bank sentral yang mendukun bitcoin anda, tidak ada jaminan untuk menutup kehilangan anda.

Software kedua yang anda butuhkan adalah penambang bitcoin itu sendiri (yang paling populer saat ini adalah GUIMiner). Ketika diluncurkan, software akan memulai menambang untuk menemukan kombinasi yang tepat untuk membuka gembok yang mengunci transaksi. Software akan terus berjalan dan semakin kuat dan cepat PC penambang maka semakin cepat penambag akan menghasilkan bitcoin.

Dalam beberapa tahun terakhir, penambang bitcoin harus pindah dari hardware yang ada ke hardware yang lebih cepat untuk terus menghasilkan bitcoin baru. Hari ini application-specific integrated circuits (ASIC) telah digunakan. Mengesampingkan bahasa programmer, dalam arti hardware ini didesain khusus untuk menambag bitcoin.

Hardware yang lebih cepat sedang dibuat oleh pengusaha pertambangan dengan kecepatan tinggi dan mampu secara mandiri menambang bitcoin (termasuk mencari bitcoin baru). Baru-aru ini harganya mencapai $12.000

Ada cara lain untuk mining bitcoin (cara investasi): yaitu dengan bergabung dengan mining pools. Pools adalah grup kolektif dari penambang bitcoin dari seluruh dunia yang secara literal menggabungkan kekuatan komputer mereka bersama-sama untuk menambang bitcoin. Situs populer seperti Slush’s Pool memungkinkan untuk penambang kecil menerima bagian dari bitcoin ketika mereka menambahkan kekuatan komputer kedalam grup.


Semakin cepat komputer anda dalam menambang dan semakin besar kekuatan dalam kontribusinya pada pool, semakin besar persentase bitcoi yang anda termia. Bitcoim dapat ipecah menjadi delapan poin desimal. Seperti Wallets, situs pool tidak diatur dalam hukum.

Bergabung dalam pool berarti anda bisa menggunakan hardware yang lebih murah. Penambang USB ASIC (yang bisa plug in kedalah USB port standar) memakan biaya sebesar $20. “Dengan beberapa ratus dollar anda bisa membuat ratusan dollar perharinya,” menutuh Brice Colbert, seorang penambang yang berbasi di North Carolina dari cryptocurrencies dan operator situs cryptojunky.com. “Anda tidak akan bisa mendapatkan banyak uang dari situ dan dari ASIC berspesifikasi rendah anda bisa kehilangan uang tergantung dari rate penukaran.”

Anda juga bisa kehilangan uang ketika dihubungkan dengan konsumso tenaga listrik untuk mining bitcoin. Sekarang ini, keuntungan dari mining bitcoin disalurkan untuk pemakaian tenaga listrik yang akan digunakan lagi untuk menambang bitcoin. Dan dipengaruhi juga harga bitcoin yang terus bergolak.

“Sensitif karena waktu, seperti yoyo,” kata Jeff Garzik, developer bitcoin untuk prosesor pembayaran BitPay. Bukan penambangan dan investor yang menyebabkan perubahan radikal dalam tinggi rendahnya nilai mata uang ini, ini semua disebabkan oleh media, kata dia. “Harga bitcoin cenderung mengikuti siklus media, bukan hardware atau penambangan. Kesulitan dalam mining bitcoin bukanlah korelasi terbesar dalam harga bitcoin.