14 Peluang Bisnis Industri Musik

Industri musik termasuk bisnis yang menguntungkan, dan cukup menantang. Jika anda sedang mempertimbangkan akan masuk ke dalam industri musik untuk mendapatkan uang sebagai musisi, maka anda harus berpikir ulang karena banyak sekali orang memulai bisnis di industri ini pertahun dengan tujuan yang sama tapi hanya sedikit yang menuai kesuksesan. Ada banyak orang yang susah payah untuk masuk ke dalam industri musik dan menjadi terkenal, tapi berapa orang yang anda tahu sudah mencapai titik tenarnya?


Bisnis musik adalah bisnis yang bagus tapi bisnis ini tidak selalu tentang menjadi seorang penampil dan menghasilkan karya yang hit dari waktu ke waktu. Ada beberapa bisnis lain yang bisa anda lakukan dalam industri musik dan mendapatkan uang seperti musisi-musisi pada umumnya. Kami telah merangkum 20 peluang bisnis dalam industri musik dan anda bisa mempertimbangkan bisnis apa yang cocok untuk anda:

Ide dan Peluang Bisnis Musik

Membangun label rekaman
Jika anda mempunyai pengalaman bernyanyi/bermusik bertahun-tahun tanpa membuat gebrakan apapun, mungkin saatnya untuk menggantung mic dan memulai bisnis anda sendiri. Membangun label rekaman anda sendiri dapat memberi anda ketenaran dan pengakuan sebagai musisi. Pekerjaan anda adalah membantu musisi berbakat dengan mendanai karir mereka dan mendapatkan komisi yang disetujui dari berapaun pendapatan yang mereka hasilkan.

Menulis lagu untuk artis
Banyak artis adalah penyanyi berbakat tapi tidak bisa menulis lagu mereka sendiri. Ini mengapa mereka membeli atau menyewa orang untuk menulis lirik dan membuatkan lagu untuk mereka. Jika anda berbakat dalam menulis lagu, anda dapat mendapatkan uang melalui menulis lagu untuk musisi yang membutuhkan. Penulis lagu populer baru-baru ini mengutip telah mendapatkan 50.000.000 rupiah untuk setiap lagu yang ia tulis untuk artis.

Manajemen band
Anda dapat menjadi manajer sebuah band atau menajer artis. Bedanya adalah manajer band bekerja untuk band, dan manajer artis bekereja untuk penyanyi solo. Tugas anda melibatkan presentasi, mempromosikan, memproyeksikan, dan melindungi klien anda.

Studio rekaman
peluang bisnis musik
Semua pekerjaan yang berlatar belakang musik biasanya dilakukan di sebuah studio rekaman. Anda dapat membuat studio rekaman dan merekrut sound engoineer dan kemudian menarik biaya dari artis perjamnya dalam penggunaan studio rekaman.

Disc Jokey
Disc jokey secara harfiah adalah nyawa dari party atau diskotik. Dia yang bertanggung jawab membangun mood dalam sebuah party dengan memainkan musik bagus sesuai kondisi dan tema dimana para tamu menari.

Perencana event musik
Pekerjaan ini adalah mereka yang merencanakan acara-acara musik, pertunjukan, konser, penghargaan dan sebagainya da mendapatkan uang dari penjualan tiket dan penjualan suvenir selama acara.

Guru musik
Banyak orang tidak keberatan mengeluarkan uan untuk belajar bagaimana cara memainkan instrumen musik. Banyak calon penyanyi tidak segan-segan untuk belajar mengasah skillnya pada guru vokal. Jika anda berbakat dalam memainkan instrumen dan bernyanyi, anda dapat membuka sekolah / pelatihan musik. Dan kabar baiknya bisnis ini bisa anda lakukan di rumah.


Manajer / Pemburu bakat
Pernahkan anda melihat acara pencarian bakat dimana banyak orang berbeda menunjukkan bakat dia bernyanyi dan akhirnya terpilih satu orang sebagai pemenang di akhir acara? Itu adalah model bisnis lain yang bisa anda mulai jika anda punya cukup uang untuk membiayai prosesnya.

Penjual peralatan musik
Kita ambil contoh Dr. Dre sebagai contoh dalam konteks ini. Dr. Dre adalah seorang rapper yang memutuskan untuk berbisnis dalam produksi peralatan/gadget musik. Ia mendapatkan jutaan dollar dari pembuatan headphone yang dikenal sebagai “Beats By Dre” Headphone ini sendiri membuat Dr. Dre mendapatkan US $110 juta pada 2012 dan di tahun 2014, Apple membeli Beats seharga US $3,2 milyar. Anda bisa menjadi Dr. Dre berikutnya.

Blog Musik
Jika anda suka menulis dan suka musk juga, anda dapat menyatukan kedua minat anda ini dan memulai membuat blog review musik dimana anda dapat membicarakan kejadian-kejadian apa yang sedan happening di industri musk. Mengkritisi lagu baru dan mendiskusikan semuanya yang berhubungan dengan industri musik.


Agen booking/pemesanan
Ketika individu atau perusahaan mempuyai acara, mereka butuh untuk mendatangkan artis dan bermain musik dalam acara tersebut. Hal ini tidaklah mudah karena artis pada umumnya adalah orang sibuk. Sebagai agen booking, anda dapat berperan sebagai penghubung antara orang yang membutuhkan artis dan artis dan anda mendapatkan komisi dari setiap permintaan penyelenggara acara.

Musisi/artis
Jangan lupakan musisi juga. Anda dapat mendapatkan banyak uang denga menjadi musisi jika anda bisa menemukan label rekaman yang bagis untuk menangani and dan juga manajer yang bagus dalam mengatur dan bekerja sama.

Koreografer
Tidak ada video musik yang lengkap tanpa gerakan koreografi yang mengikuti irama musik tersebut. Jika anda adalah penari yang berbakat, anda dapat membuat bisnis korografi tarti dimana anda dapat menyediakan gerakan-gerakan koreografi untuk artis.

Sutradara video musik
Sama seperti sutradara film. Ada juga sutradara video musik yang menciptakan, mengarahkan cerita dan membuat video yang sesuai dengan musiknya.