Belum Mencintai Pekerjaan Anda? Mungkin Anda Butuh Waktu

Jika anda belum mencintai pekerjaan anda, jangan khawatir: Penelitian terbaru menemukan bahwa membutuhkan waktu untuk membangun kecintaan terhadap pekerjaan anda.

Mempunyai passion terhadap apa yang anda kerjakan untuk hidup tidak selalu dibutuhkan "cinta pada pandangan pertama" menurut penelitian baru-baru ini yang dipublikasikan di jurnal Personality and Social Psychology Bulletin.

"Kabar baiknya bahwa kita bisa memilih untuk mengubah pandangan atau strategi kita untuk menumbuhkan passion/kecintaan secara bertahap dan sama efektifnya dalam mencapai pengalaman yang anda ingingkan untuk jangka panjang," - Patricia Chen, ketua penulis penelitian dan mahasiswa doktoral University of Michigan



Sementara pemikiran umum yang berlaku di banyak pegawai adalah bahwa passion untuk pekerjaan hanya datang dari awal (disebut "fit theory" di dalam penelitian), paea penulis penelitian ini menemukan bahwa passion bisa dikembangkan seiring waktu ketika pekerja mendapatkan pengalaman lebih banyak dalam pekerjaannya. (disebut "develop theory")

Artikel terkait: 5 nasihat karir dari Donald Trump

Sebagai bagian dari penelitian, peneliti memeriksa ekspektasi, pilihan dan hasil orang-orang terkait dengan mindset "fit theory" dan "develop theory". Mereka menemukan bahwa dua mindset tersebut efektif dalam membantu orang-orang untuk mendapatkan kebahagiaan karir mereka.

Orang-orang dengan mindset "develop theory" tidak fokus menemukan kecocokan/kecintaan dari awal. Sebaliknya, mereka bekerja untuk mengembangkan passion mereka dan mencocokkan seiring waktu, kata para peneliti tersebut.

"Dengan demikian, mereka lebih memprioritaskan karakteristik keahlian daripada kesenangan langsung, seperti gaji," kata Chen

Penulis penelitian ini mengatakan bahwa temuan ini adalah tanda bahwa bagi siapa yang belum menemukan passion dan kecintaan mereka masih bisa mengembangkannya.