5 Tips Menarik Angel Investor untuk Startup Anda

Apa yang anda lakukan ketika mempunyai ide bisnis yang bagus, tapi tidak punya uang untuk mendanainya? Beberapa pengusaha ada yang mengambil pinjaman usaha kecil atau crowdfunding, yang lain mencari angel investor, yaitu individu atau sekumpulan orang yang mau menginvestasikan ke dalam start-up yang nantinya akan mereka akan mendapatkan saham dari perusahaan tersebut.

Angel investor adalah pilihan pendanaan yang menarik untuk startup yang terlalu kecil untuk menarik venture capitalist, yang pada umumnya menginvestasikan uang dalam jumlah besar. Menurut riset baru-baru ini, tren angel invest sedang naik daun dan banyak angel investor berencana untuk meningkatkan jumlah uang yang akan mereka investasikan di tahun 2015 ini.

Baca juga: Cara menjadi angel investor adalah

Kami akan memberikan lima tips untuk para pengusaha yang ingin menarik para angel investor, berikut tipsnya:

Bagaimana cara menarik Angel Investor?

Buatlah tim impian yang solid. Para angel investor berinvestasi pada orang dan ide. Investor harus memahami apakah manajemen tim mampu mewujudkan visi misi perusahaan. Pilihlah partner dan member tim kunci berdasarkan kemampuan yang saling melengkapi. Sebagai contoh, sebuah start-up teknologi harus mempunyai satu orang yang pintar bisnis dan ahli teknologi.

Transparan. Startup yang menarik mengerti apa yang disenangi para angel invetor dan apa yang mereka takuti. Secara khusus, mereka lebih transparan dan menyebutkan risiko-risiko apa saja yang akan dihadapi di depan. Kehilangan uang adalah ketakutan tersendiri, tapi bukanlah yang terbesar pada awal-awal, yang sering ditakutkan adalah ketidakpercayaan dan kelemahan-kelamahan karakter lainnya.

tips menarik angel investor


Tahu siapa yang anda cari. Ini kelihatannya sangat sederhana, tapi pengusaha yang paling banyak sukses ketika mereka mencari investor ideal untuk proyek mereka. Banyak angel investor memfavoritkan sektor-sektor tertentu saja dan grup angel investor dapat berputar di sekitar tema seperti teknologi kebersihan, bio-teknologi, produk konsumen atau perusahaan yang dimiliki wanita.

Buktikan ide anda bernilai. Startup butuh mengusahakan yang terbaik untuk ide dan model bisnis mereka sebelum mereka dapat berharap untuk menerima modal investasi dalam jumlah yang besar. Crowdfunding adalah cara terbaik untuk membuktikan validasi pasar. Angel investor dan bahkan beberapa venture capitalist biasanya menggunakan cara ini untuk menentukan apakah startup tersebut menjanjikan.

Artikel terkait: Apa itu crowdfunding? tips untuk investor

Fokuslah pada usaha anda. Banyak startup yang dikhawatirkan sepanjang waktu bagaimana cara mereka mempertahankan usaha mereka. Start-up harus fokus untuk membangun produk/servis/perusahaan terbaik untuk target pelangggan mereka. Jika mereka melakukan bagian ini dengan benar, bagian yang lain -- seperti pendanaan -- akan mudah didapatkan.