5 Alasan Memulai Bisnis Online pada Umur 20an

Tidak ada kata terlalu awal untuk mengejar mimpi anda dan menjadi seorang pengusaha. Sukses datang dalam segala usia, contohnya Sam Walton yang membuka Wal-Mart pada usia 44 tahun, Moziah Bridge yang mencapai angka penjualan $150.000 ketika hanya berumur 12 tahun dengan perusahaannya Mo's Bows.

Dunia entrepreneurship tidak ada batasan dan dapat dikejar oleh siapa saja, ada beberapa keuntungan, dan manfaat ketika anda mulai berwirausaha pada umur 20an. Berikut lima alasan mengapa anak muda harus memulai bisnis, terutama bisnis online, pada umur 20an.

Memulai Bisnis Umur 20an, Why Not?


1. Masih sedikitnya komitmen ketika masih muda
Mari berkata jujur dalam beberapa menit - tidak setiap ide akan berhasil dan menghasilkan uang. Bisnis online baru bermunculan setiap harinya dan hanya segelintir yang sukses. Ada kalanya bisnis bisa hancur dan bangkrut yang mengakibatkan ketakutan dan kembali kerja kantoran, hal inilah yang dialami kebanyakan orang dewasa hadapi.

alasan memulai bisnis umur 20an

2. Menciptakan kemananan finansial jangka panjang
Bisnis online dapat dikembangkan agar menjadi sumber pendapatan yang stabil dan santai. Faktanya, ada banyak cara untuk menciptakan bisnis online yang sangat menguntungkan. bayangkan jika anda menggunakan umur 20an ini untuk belajar bagaimana cara menciptakan bisnis online yang sukses, menghasilkan pendapatan dan aset-aset yang terus menghasilkan uang dan terus dikembangkan dan ditambahkan dalam portofolio anda.

Generasi muda harus memikirkan tentang sumber pendapatan alternatif ketika mereka memasuki masa pensiun. Bukan lagi mengandalakan dana pensiun dari tempat ia bekerja, seorang pengusaha mempunyai kontrol penuh untuk masa depan keuangannya.

Baca juga: 5 Panduan bisnis online untuk pemula

3. Perkembangan pribadi dan kedewasaan dengan cepat
Tidak ada yang bisa membuatmu dewasa lebih cepat kecuali memiliki bisnis anda sendiri. Aturan dari bisnis adalah tidak mengikat usia -- pemilik bisnis pada umur 50an mempunyai risiko yang sama besar dengan pemilik bisnis di umur 20an. Menjalankan bisnis mengenalkan anda pada banyak pelajaran hidup, dan perkenalan bisnis pada usia muda akan mengembangkan kepribadian seseorang lebih cepat.

4. Bisnis online dadpat dikerjakan secara virtual dimanapun di dunia ini
Ada sebuah artkel di Thrillist yang sangat populer tahun lalu yang menyebutkan beberapa alasan mengapa anda harus keluar dari pekerjaan anda dan traveling pada umur 20an. Alasannya bermacam-macam dari mendapatkan pengalaman dunia luar sampai penyesalan tidak melakukan lebih awal ketika tua nanti. Tapi, saya disini tidak memberi tahu anda untuk keluar dari pekerjaan anda dan mengeluarkan uang untuk traveling ke penjuru dunia. Anda bisa melakukannya sebagai pengusaha yang menjalankan bisnis online.

Sangat mungkin untuk menjalankan bisnis online dari berbagai penjuru dunia, asalkan anda memiliki sambungan internet. Pekerjaan anda mempunyai risiko yang sama dimanapun anda berada, anda juga menghadapi tantangan yang semua pengusaha lain hadapi -- tapi pilihan untuk melakukan pekerjaan anda di manapun atau ketika traveling sangat bisa anda lakukan. Tapi kebebasan yang anda dapatkan tidak akan sama ketika anda sudah berumur 30an atau 40an.

5. Mudahnya komitmen finansial untuk memulai bisnis online
Sebelum adanya internet dan ecommerce, sangatlah sulit untuk seseorang pada umur 20an untuk memulai bisnis. Pinjaman bank, jalur kredit dan jaminan properti  tidak mudah dilakukan oleh anak muda yang ingin menjadi pengusaha.

Bisnis online memiliki tingkat kesulitan yang lebih mudah dibandingkan bisnis offline yang membutuhkan bangunan fisik untuk memulainya, kemudahan komitmen finansial yang membuat banyak pengusaha muda mengejar mimpi mereka setelah lulus dari perkuliahan atau bahkan yang tidak memiliki kesempatan kuliah sama sekali.

Artikel terkait: 8 Orang sukses yang tidak lulus kuliah

Apa manfaat lain yang bisa anda rasakan ketika memulai bisnis online pada umur 20an? Tuliskan alasan anda pada kolom komentar di bawah ini.