10 Peluang Bisnis di Indonesia

Apakah anda sedang mencari peluang bisnis di Indonesia? Apakah anda sedang mempertimbangkan memulai bisnis di Indonesia tapi anda kekurangan ide bisnis apa yang anda ingin jalankan? Jika IYA, makan saya sarankan anda untuk membaca artikel ini untuk membantu anda menyelasakan masalah.

Ada satu hal utama yang menakutkan bagi sebagian orang ketika memikirkan modal bisnis mereka. Tapi apakah modal menjadi kendala utama? Apakah anda tahu anda bisa memulai bisnis walaupun sedang "bangkrut"? Berikut 5 cara memulai bisnis anda sendiri walaupun anda tidak punya sepeser uang sekalipun.

Cara memulai bisnis yang harus anda tahu

Pembiayaan dari investor: Tidak semua orang memiliki keahlian, waktu dan energi untuk menjalankan bisnis. Sekumpulan orang-orang ini walaupun mereka memiliki dana, tidak tahu cara menggunakannya, anda bisa mencari orang-orang ini dan meyakinkan mereka untuk berinvestasi dalam bisnis anda. Tunjukkan pada mereka business plan anda dan yakinkan mereka tentang alasan mengapa mereka harus berinvestasi dalam bisnis anda. Tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan dana, jika anda berhasil membuktikan pada mereka bahwa anda mempunyai kepribadian yang dapat dipercaya. Salah satu masalah yang akan anda hadapi yaitu harus berbagi kontrol bisnis anda dengan investor terutama ketika membuat keputusan penting.

Artikel terkait: 5 Tips menarik angel investor untuk startup anda

Pembiayaan dari penjual: Dengan pembiayaan dari penjual, anda akan menemukan seseorang yang ingin menjual bisnis yang membuat anda tertarik dan mendapat persetujuan dari pemilik untuk rencana pembiayaan jangka panjang. Penjual ini akan mendapat keuntungan dari arus kas masuk yang berkelanjutan sedangkan anda mendapat manfaat dari keuntungan yang diperoleh dari hasil kerja bisnis anda.

Penyewaan: Jika anda berencana memulai bisnis peralatan atau bisnis seperti jasa angkutan, taksi dan sejenisnya, anda dapat mempertimbangkan penyewaan kendaraan atau peralatan lain yang anda butuhkan jadi anda bisa melunasi pembayaran sewa peralatan dalam jangka waktu yang disepakati.

Bisnis keluarga: Ide lain yaitu bekerja sama dengan anggota keluarga untuk memulai bisnis bersama-sama. Banyak orang menyukai ide dari bisnis keluarga dan lebih senang berinvestasi pada keluarga sendiri daripada bisnis orang lain.

Crowdfunding: Crowdfunding menjadi sangat populer dan sangat diperhitungkan di industri pembiayaan bisnis, anda dapat menggunakan inovasi ini juga dan mengumpulkan dana dari investor yang tidak keberataan berivestasi dalam jumlah kecil dalam bisnis anda.

Sekarang anda tahu bahwa permodalan tidak bisa membuat anda mengehntikan niat memulai bisnis, bisnis apa saja yang harus anda pertimbangkan di Indonesia?

Peluang-peluang bisnis yang ada di Indonesia


1. Pabrik furniture: Banyak orang dari Eropa, Amerika dan benua lainnya membeli furnitur dari Indonesia. Anda dapat mulai membuat bermacam-macam furnitur yang bisa anda ekspor ke negara lain untuk anda jual. Anda juga bisa memulai bisnis renovasi furniture yang melibatkan furnitur tua atau rusak dan merenovasinya untuk dijual kembali.

Baca juga: Peluang usaha tukang kayu mebel dan furniture

peluang bisnis di indonesia pabrik furniture


2. Hotel: Banyak ekspatriat, turis liburan maupun bisnis mengunjungi Indonesia secara rutin. Hal ini membuat cukup ruang untuk orang-orang ingin berinvestasi di industri pariwisata untuk mendapatkan uang. Anda dapat menghasilkan uang dari membuat hotel anda sendiri untuk menyediakan akomodasi kepada para pengunjung atau bisa juga membuat pelayanan marketing hotel dimana orang-orang bisa memesan hotel sebelum kunjungan mereka ke Indonesia.

3. Pengolahan dan pengemasan daging: Peluang bisnis ini sangat penting ketika melihat tren penjualan daging menjadi sangat langka. Anda bisa membuat peternakan anda sendiri dan memproses dan mengemas untuk anda jual ke berbagai tempat.

4. Makelar: Anda juga bisa menghasilkan uang dengan cara menghubungkan pembeli dan penjual bersama-sama. Misalmya, banyak orang yang ingin suatu barang dari satu tempat yang tidak pernah mereka kunjungi, mereka tidak tahu dimana mencarinya. Anda dapat membantu orang-orang ini dengan bantuan internet dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan.

5. Developer aplikasi. Developer aplikasi mengeruk banyak keuntungan dewasa ini. Anda dapat membuat aplikasi smartphone atau developer software. Anda tidak harus menjadi ahli teknologi untuk mengembangkan aplikasi, yang anda butuhkan hanya ide yang solid dan anda bisa merekrut ahli teknologi untuk mengembangkan ide anda.

6. Pelayanan provider internet: ide bisnis lain yang bisa anda pertimbangkan adalah menyediakan layanan provider internet. Internet cepat dan dapat diandalakan sangat penting di Indonesia, mempertimbangkan banyaknya pengguna smartphone dan gadget lainnya di Indonesia, anda bisa mendapatkan banyak uang.

7. Pembuatan pakaian: Ide bisnis lainnya adalah memulai bisnis pembuatan pakaian, Anda dapat membuat brand anda sendiri atau membuat baju lokal indonesia seperti hijab atau kaftan yang sedang populer saat ini.

Artikel terkait: 15 ide dan peluang bisnis fashion

8. Konsultan pajak: Pajak adalah salah satu hal yag membuat pemilik bisnis pusing. Banyak orang tidak keberatan menyerahkan penghitungan pajaknya kepada ahli yang bisa menangani dan juga memberi arahan bagaimana cara mengurangi pajak-pajak mereka. Anda dapat memulai bisnis ini tanpa memerlukan banyak modal.

9. Konsultan travel: Ide bisnis lainnya yaitu menawarkan bantuan kepada banyak orang yang ingin mengunjugi atau keluar dari Indonesia untuk bisnis atau liburan. Anda dapat menjadi tour guide, penawaran bantuan kepada turis atau anda juga bisa membuka perusahaan konsultasi online dimana anda bisa menawarkan bantuan pembuatan visa, penjemputan di airport, booking hotel, tour guide bisnis dan sejumlah layanan lainnya.

10. Konsultan bisnis: Ide lain yaitu menjadi konsultan bisnis, Ada banyak orang di luar sana yang membutuhkan beberapa panduan dan saran bisnis. Menariknya, bahwa banyak orang mengandalkan konsultan bisnis untuk mengembangkan strategi bisnis untuk mereka, dimana hal ini bisa membawa bisnis mereka ke jenjang selanjutnya. Hal baik menjadi konsultan bisnis adalah bahwa bisnis ini sangat menarik yang dapat membantu memberi solusi dan strategi  untuk bisnis orang lain, anda juga bisa mengembangkan keahlian yang berguna bagi anda.