15 Ide dan Peluang Bisnis Fashion

Industri fashion berkembang setiap harinya dan ini membuat bisins fashion menjadi tambang emas bagi calon pengusaha. Ada banyak peluang bisnis dalam industri fashion yang bisa menjadi jalan bagi anda untuk mendapatkan uang, Namun, harus diketahui bahwa PASSION adalah unsur penting untuk sukses di industri ini.

Kedua, industri fashion sangatlah kompetitif; jadi anda harus menjadi pemasar yang sangat baik dan kebal terhadap kegagalan. Apakah anda punya selera yang bagus pada style atau anda ahli dalam melacak dan mengikuti tren? Apakah anda ingin belajar bagaimana memulai bisnis fashion? Berikut ini beberapa ide dan peluang bisnis fashion yang tersedia di industri fashion.

Peluang Bisnis Fashion

Fashion Designer
Mempunyai keahlian untuk menjahit kain yang sulit dalam situasi yang menantang adalah salah satu kelebihan yang harus dimiliki fashion designer. Fashion designer yang sukses memiliki beragam keterampilan,  mulai dari menggambar, keahlian untuk melihat konsep dalam 3 dimensi, pasiion dalam warna dan tekstur dan keahlian yang terlibat dalam menjahit dan memotong segala jenis kain. Jika anda mampu untuk melakukan hal tersebut, maka anda bisa memulai bisnis merancang desain fashion.

Menjadi Fashion Blogger
Jika anda mempunyai passion dalam fashion, anda pandai menganalisa tren dan anda punya keahlian untuk mengobservasi detail terkecil tapi anda tidak punya modal besar untuk membuka bisnis fashion skala besar; anda dapat membuat blog fashion dan mendapatkan uang.


Bisnis Majalah Fashion
Anda juga dapat memulai bisnis penerbitan majalah yang berfokus pada style dan tren fashion. Tugas utama anda adalah menjaga penggemar mode untuk terus mengikuti berita dan update terbaru dalam industri fashion.

Menjadi Penulis atau marketer informasi
Anda juga bisa menjadi penulis yang berfokus pada fashion dan gaya hidup. Jika anda merasa proses menjadi penulis dari penerbit (majalah, tabloid, dll.) terlalu membosankan dan rumit, anda bisa menjadi seorang marketer informasi dan mendapatkan uang dari menjual ebook, audio, dll.


Pembuatan Manik-Manik
Dalam beberapa dekade, manik-manik telah digunakan oleh berbagai macam orang dalam berbagai daerah di dunia. Mereka menggunakan kalung, gelang, perhiasan pinggang untuk wanita dan anak-anak di beberapa bagian dunia. Bisnis pembuatan manik-manik memerlukan kreativitas, passion, dan kesabaran.

Membuat Brand Pakaian sendiri
ide peluang bisnis fashion
Bisnis yang menuntungkan lainnya dalam industri fashion adalah produksi dan desain t-shirt atau pakaian. Banyak orang yang sadar fashion terus mencari cara untuk membedakan dirinya dalam kerumunan, anda dapat mengisi gap ini dan mendapatkan uang dari kebutuhan mereka. Anda juga bisa menjual brand pakaian anda secara online.

Bisnis Agen Model
Agen model adalah perusahaan yang mewakili model fashion yang berkerja dalam industri fashion. Agen model mendapatkan pemasukan dari komisi, biasanya dari deal yang mereka buat dengan model dan kepala agen. Jika anda berkompeten mencari model dan membuat deal dengan model-model tersebut, maka anda bisa memulai bisnis ini.

Menjadi Spesialis Tattoo
Spesialis tattoo, atau yang biasa dikenal tattoo artist adalah individual yang menggambar tattoo / pola dekoratif permanen ataupun temporer pada bagian tubuh seseorang yang biasanya berada di tattoo shop, tattoo studio atau tattoo parlor. Tattoo artist biasanya mempelajari keahliannya melalui magang di bawah mentor yang terlatih dan berpengalaman.

Impor dan Ekspor Produk Fashion
Jika anda punya modal dan pengetahuan teknis, anda bisa memulai meng-import produk fashion seperti sepatu, parfum, baju bekas, produk kulit, aksesoris dari Spanyol, Italia, Prancis, China, Dubai, dll. Anda juga bisa mengekspor hasil produk lokal ke negara-negara tersebut.

Menjadi Konsultan Fashion
Anda juga bisa menjadi konsultan fashion untuk perusahaan fashion, event planner, majalah fashion, penggemar fashion, dll.

Fotografi Fashion
Fotografi fashion adalah salah satu profesi yang paling dicari di dunia. Ada banyak jalan menuju fotografi fashion seperti menjadi fotografer di majalah terkemuka, atau iklan fashion, art photography, potret selebriti sampai papparazi.

Membuat Rajutan
Dalam dunia yang serba cepat ini, membuat rajutan sangat dinikmati sebagai hobi yang produktif. Apakah itu oleh orang tua yang bekerja dari rumah untuk menjaga tekanan darahnya tetap stabil atau anak-anak yang baru belajar merajut di sekolah karena kegiatan ini memerlukan koodinasi mata dan tangan, Anda juga bisa membuat rajutan secara pesanan dan menjualnya offline maupun online.


Menjadi Model Freelance
Anda juga bisa menjadi model freelance dan mendapatkan uang dari berpose dan pengambilan dari brand dan perusahaan terkenal. Modeling adalah bentuk seni visual dengan merepresentasikan gerakan dan sikap. Tujuannya adalah membuat seni itu hidup, menggunakan representasi utama dari postur dan ekspresi alami. Ini adalah seni dalam presentasi tunggal yang menjual, menghibur, dan mewakili fashion.

Pembuatan Parfum
Kebanyakan parfum dalam pasar adalah impor. Anda bisa memproduksi parfum lokal buatan anda sendiri dan mendapatkan uang dari sini.

Butik Fashion atau Ritel Pakaian
Anda bisa memulai retail pakaian dan fashon dimana anda bisa menjual berbagai macam produk. Anda juga bisa memilih untuk mengkhususkan diri untuk pasar khusus sepatu, tas, parfum, aksesoris, makeup, dll. Anda juga bisa memilih fokus dalam gender tertentu dengan mebuka butik khusus anak, wanita, atau pria, dll.


Kesimpulannya, kami ingin menekankan kembali bahwa bisnis fashion sangatlah meguntungkan tapi juga sangat kompetitif. Tapi bukan berarti pendatang baru tidak bisa menembus industri ini. Namun, seperti setiap bisnis lain, tingkat passion, kreativitas dan kerja keras adalah faktor krusial yang akan menentukan apakah anda akan sukses atau gagal.