12 Cara Menggunakan Periscope untuk Bisnis

Jika bisnis anda mencari cara yang lebih personal dan lebih baik untuk terhubung dengan pelanggan, Periscope adalah jawabannya. Aplikasi live-streaming di iOS dan Android ini memungkin kan anda menyiarkan video secara gratis, membuat bisnis kecil berkomunikasi dengan pelanggan secara mudah, cepat dan terjangkau secara real-time.

Diluncurkan pada bulan maret, Periscope dengan cepat melambungkan namanya menjadi aplikasi live-streaming terpopuler, Seperti kompetitornya Meerkat, Stream dan Hangout, Periscope memungkinkan bisnis anda untuk lebih mudah diakses untuk pelanggan dan lebih menciptakan hubungan dengan mereka.

Untuk penggunaan Periscope untuk bisnis, kami telah merangkum ahli marketing sosial media dan pemilik bisnis kecil bagaimana cara mereka menemukan kesuksesan dengan platform live-streaming ini. Berikut adalah 12 cara penggunaan Periscope untuk menumbuhkan brand dan kepercayaan kepada pelanggan.

Penggunaan Periscope untuk Bisnis


1. Memanusiakan brand anda

Periscope memungkinkan anda untuk terhubung dengan pelanggan secara personal. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan memanusiakan brand anda, seperti menyediakan tampilan dalam bisnis anda untuk membangun koneksi emosional.

"Orang-orang suka melihat-lihat bagaimana jalannya bisnis anda, berikan mereka kesempatan untuk melihat kesempatan yang jarang-jarang ini" - Yunche Wilson, founder dari WhoRYou Marketing

Misalnya, anda bisa memberi kesempatan pelanggan untuk mengintip apa saja yang terjadi di balik layar perusahaan anda. Ini juga merupakan cara kreatif bagi pelanggan untuk melihat wajah-wajah dibalik produk.

Artikel terkait: 7 kesalahan penggunaan sosial media yang membunuh brand anda

2. Dibalik layar

Disamping menunjukkan apa aktivitas yang terjadi di sekitar tempat usaha anda, anda bisa menggunakan Periscope untuk penampakan dibalik layar produk anda. Hal ini bisa sesederhana menunjukkan bagaimana produk ini dibuat untuk menguatkan kepercayaan pelanngan terhadap brand anda.

"Metode ini memungkinkan untuk penonton Periscope anda merasa sebagai orang dalam, mereka bisa melihat cara produk itu dibuat secara real-time. Tidak hanya menunjukkan kualitas, tapi hal ini juga memberikan kepercayaan dibalik layar dibanding kebanyakan bisnis lain" - James Blews, konsultan SEO (jamesblews.com)

cara menggunakan periscope untuk bisnis


3. Demo produk

Periscope juga merupakan cara untuk memasarkan produk anda lebih efektif dengan cara mendemonstrasikan cara kerja produk anda. Hal ini tentu merupakan cara yang tepat jika anda memiliki produk dengan berteknologi canggih atau dengan niche tertentu.

"Terkadang foto dan beberapa teks di website tidak cukup menjabarkan secara penuh bagaimana cara keja produk dan hanya video yang bisa melakukannya. Dengan mendemonstrasikan produk anda di siaran Periscope, penonton bisa melihat bagaimana cara kerjanya." - Rob Watson, konsultan pemasaran digital di Click to Sale

4. Tutorial

Sebagai tambahan demonstrasi produk, anda juga bisa menampilkan tutorial secara live atau sesi training-live. Hal ini akan memberi manfaat untuk secara potensial menumbuhkan follower dan pelanggan anda.

"Karena anda memberikan sesuatu berupa nilai, orang-orang tidak hanya akan follow anda, mereka akan membicarakan bisnis anda pada orang lain, gunakan hal ini untuk menunjukkan bagaimana rasanya bekerja dengan anda, sehingga orang-orang ingin bertanya lebih lanjut" - Wilson

5. Memberikan penawaran khusus

Jika anda tidak punya produk yang nyata, Periscope memberikan anda kesempatan untuk menunjukkan apa yang perusahaan anda tawarkan.

Contohnya adalah real estate. Venerate Media Group membantu klien mem-broadcast suatu open house dan menarik banyak pembeli potensial.

Baca juga: 10 Mitos sosial media terbesar untuk bisnis

6. Live Events

Apakah perusahaan anda mengadakan sebuah event? Periscope memungkinkan audiens untuk menonton dari seluruh dunia, bahkan jika mereka tidak bisa hadir secara pribadi.

StartupPop.com, perusahaan yang mengadakan event startup bulanan yang mengundang 10 perusahaan untuk berpresentasi di depan panel investor, telah meraih kesuksesan menjangkau audiens yang luas melalui Periscope.

7. Tanya jawab live

Periscope juga merupakan cara yang nyaman dan udah untuk berinteraksi dengan pelanggan dengan sesi tanya jawab live.

Secara khusus, hal ini adalah cara yang baik bagi penyedia layanan untuk membangun otoritas dan keahlian pada bidangnya.

"Metode penggunaan Periscope ada dua, pertama memungkinkan pelanggan dan klien anda untuk menunjukkan pengalaman dan keahlian anda dengan cepat dan nyata. Kedua, hal ini juga menyalurkan pengetahuan anda lebih baik daripada halaman website berisi tanya jawab." Kata Blews

8. Webinars

Seperti sesi tanya jawab, anda juga bisa melakukan webinars secara live dari Periscope. Hal ini sangat mudah dan juga efisien  (anda tidak perlu membutuhkan keahlian teknologi yang memadai atau membayar software webinar yang mewah) Juga memberikan anda kesempatan untuk meningkatkan keterlibatan.

Kesempatan ini merupakan pelajaran berharga untuk bisnis, seperti mendapat pertanyaan dan masalah yang tidak pernah anda kira sebelumnya juga memberikan pencerahan kepada audiens.

9. Crowdsourcing

Karena Periscope memungkinkan anda untuk berinteraksi dengan penonton secara real-time, hal ini juga salah satu cara tercepat dan termudah untuk mendapat feedback crowdsource dan jenis-jenis informasi lainnya.Cara paling simpel adalah mengadakan survey.

Survey adalah cara yang menakjubkan untuk mendengar bagaimana seseorang mencintai atau membenci sesuatu. Karena feedback secara live inilah, anda mendapat jawaban langsung untuk pertanyaan-pertanyaan yang anda ajukan. Tidak harus menunggu atau menygok seseorang dengan diskon agar mereka memberikan opini tentang sesuatu.

10. Pengumuman

Apakah anda sedang meluncurkan produk baru atau merencanakan sebuah event, anda dapat membuat audiens merasa spesial dengan mengadakan pengumuman perdana melalui Periscope.

Hal ini juga merupakan cara yang baik untuk mendapat follower baru dan menjaga hype tentang produk baru yang akan diluncurkan.

Baca juga: Strategi marketing Pinterest untuk meningkatkan penjualan

11. Penawaran eksklusif

Orang-orang pasti suka diskon dan promo-promo. Sama dengan peluncuran Periscope, anda dapat membuat audiens merasa ekstra spesial dan menggenjot penjualan dengan penawaran khusus Periscope.

Menawarkan diskon dari Periscope juga bisa melacak penawaran apa yang berhasil dan tidak berhasil. Buatlah kode kupon khusus untuk para audiens Periscope anda, dimana anda bisa memonitor seberapa sering pelanggan anda menggunakannya ketika diumumkan lewat periscope.

12. Customer service

Ada banyak cara untuk menyediakan pelayanan pelanggan dari sosial media, seperti Twitter, Facebook dan Instagram. Sekarang anda bisa menambahkan Periscope kedalam daftar tersebut.

Periscope memungkinkan perusahaan anda untuk memberikan pengalaman terbaik untuk pelanggan yang interaktif, informatif dan menyenangkan. Hal ini sangat menakjubkan karena anda tidak membutuhkan biaya produksi dan videonya tidak harus sempurna.

Periscope juga merupakan cara yang paling efisien untuk menyediakan bantuan secara teknis, terutama untuk masalah dan isu-isu umum.