14 Peluang Bisnis Otomotif di Indonesia

Apakah anda suka mobil atau motor? Apakah anda mengikuti tren terbaru dalam indusri otomotif? Apakah anda tertarik memulai bisnis di bisnis di bidang otomotif tapi anda belum tahu ide atau peluang bisnis apa yang bisa anda pilih? Maka disarankan untuk membaca artikel ini tentang peluang bisnis otomotif di Indonesia.

Industri otomotif adalah salah satu sektor industri terbesar dari segi pendapatan, dengan kegiatan yang terdiri dari, engineering, desain, pengembangan teknologi, manufaktur, distribusi, pemasaran, penjualan dan pemeliharaan mobil atau kendaraan bermotor.

Mobil juga bisa dikategorisasikan kedalam tipe bahan bakarnya dan dari kategori ini ada bensin, diesel, listrik dan macam-macam bahan bakar hybrid atau bahan bakar alternative, seperti ethanol. Menurut data statisitk yang dikeluarkan oleh OICA.net, total 84.141.209 kendaraan diproduksi pada tahun 2012, dimana merepresentasikan kenaikan 5,3% dibandingkan tahun lalu. Dari total produksi kendaraan yang diproduksi, China paling banyak, diikuti Jepang.

Industri otomotif adalah industri miliaran dollar dengan pimipinan pasar terkemuka seperti Toyota, General Motors, Ford, Chevrolet, CAT, TATA, etc. Namun artikel ini tidak akan membicarakan tentang merek besar dalam industry otomotif tersebut; tapi artikel ini berfokus peluang bisnis otomotif di Indonesia.

Peluang Bisnis Otomotif di Indonesia

peluang bisnis otomotif di indonesia
Manufaktur Kendaraan
Ini adalah level pemain besar seperti Toyota, Ford, General Motors, dll; tapi, ada beberapa perusahaan kecil yang mengeruk keuntungan pertahun dari mentarget pasar kecil yang tidak dihiraukan oleh perusahaan besar. Jika anda punya kapasitas finansial yang memadai, Anda dapat memulai perusahaan manufaktur kendaraan seperti truk, trailer, peralatan pengolah tanah, dll.

Perakitan Kendaraan
Daripada bisnis skala penuh seperti manufaktur kendaraan, anda dapat berbisnis perakitan kendaraan. Hal yang baik tentang bisnis ini modalnya lebih sedikit dari manufaktur kendaraan dan anda bisa menempelkan merek anda sediri pada kendaraan yang anda rakit. Contoh perusahaan perakitan di Nigeria yaitu Innoson dan Peugeot. Jika anda tidak tertarik dengan mobil besar atau truk, anda bisa fokus pada merakit kendaraan ringan seperti sepeda motor, skuter, sll.


Dealer Kendaraan
Anda juga bisa membeli hak untuk menjadi distributor di tempat anda untuk kendaraan pilihan anda. Banyak contoh dealer sukses di Indonesia dengan cara membuka cabang di tempat yang kebutuhan akan kendaraannya tinggi, juga anda bisa memulai bisnis dealer dari rumah, buatlah toko online, tampilkan sampel barang anda, dan catat pesanan dari pelanggan anda. Lalu lakukan pre-order kendaraan dari toko resmi dan antarkan pada pelanggan.

Dealer atau Importir Suku Cadang
Kendaraan adalah mesin dengan banyak suku cadang yang bergerak, yang memerlukan penggantian dari waktu ke waktu. Anda bisa mengimport dan menjadi retail suku cadang dari beberapa merek terkenal di tempat anda.

Pengecatan Kendaraan
Anda bisa membuka bisnis pengecatan kendaraan dan menolong pemilik kendaraan yang warna body mobilnya telah pudar atau sekedar mengganti warna kendaraan mereka.

Servis Auto Detailing
Auto detailing adalah proses menyeluruh dari pembersihan, polishing, dan waxing mobil. Pembersihan dilakukan di luar dan di dalam; termasuk mesin dan bagian bawah kendaraan. Auto detailing biasanya digunakan oleh mobil bekas yang akan dijual kembali, dimana akan menaikkan nilai dan penampilan kepada calon pembeli

Layanan Perbaikan Kendaraan (Servis)
Servis kendaraan adalah kebutuhan mendasar dari pemilik kendaraan, agar kendaraan selalu dalam kondisi prima dan layak jalan. Anda bisa memulai bisnis ini di tempat khusus atau secara delivery.

Bisnis Penyewaan Mobil
Penyewaan mobil adalah bisnis yang sangat menguntungkan, terutama jika anda berada di tempat yang strategis (kota besar, pusat komersial dan pusat hiburan)

Retail gadget kendaraan (Bluetooth, Audio, LCD, dll.)
Bagi pengguna mobil yang ingin menambah aksesoris dan memodifikasi interior kendaraannya. Bisnis ini juga bisa dikerjakan secara online untuk penyedia aksesoris mobil yang dibutuhkan.

Bisnis Pencucian Mobil
Kesibukan orang membuat mereka lupa akan kebersihan kendaraannya, mengunjungi tempat pencucian mobil adalah solusi terbaik, cepat, dan praktis untuk menghemat waktu dan tenaga mereka.

Membangun Tempat parkir di kawasan kota yang padat
Di kota padat penduduk seperti Jakarta, dan bandung tempat parkir menjadi andalan utama pemilik mobil pribadi menaruh kendaraannya untuk menghindari harga parkir yang mahal.

Membuat Website review tentang kendaraan
Jika anda mengikuti tren, dan perkembangan brand-brand otomotif anda bisa membuat review dan pembahasan tentang spek, harga, serta kelebihan dan kekurangan merk otomotif tertentu, sehingga memudahakan calon pembeli menentukan pilihannya.


Menerbitkan majalah untuk penggemar otomotif
Majalah adalah sumber informasi dan hiburan bagi pembaca. Dan membuat majalah otomatif bertujuan untuk memberi update dan informasi terbaru tentang dunia otomotif

Bisnis Sekolah/Kursus Menyetir untuk Pemula
Dewasa ini semakin banyak dan semakin muda pengendara mobil di jalan raya, dan mereka membutuhkan jasa kursus menyetir mobil yang terpercaya dan aman sampai mereka handal dalam skill mengendarai mobil.

Artikel diatas menjawab pertanyaan anda tentang peluang bisnis otomotif di Indonesia? Berikan pertanyaan atau tanggapan pada kolom komentar di bawah tentang artikel ini. Jangan lupa share, like, dan retweet artikel ini. Terima kasih!