10 Tips Menulis Profil LinkedIn yang Baik

Jika anda ingin menampilkan impresi yang baik kepada perusahaan, klien potensial dan pelanggan sangat penting untuk mengoptimasi profil LinkedIn anda.

Ketika mengatur halaman LinkedIn anda, sangat penting untuk mengerti bagaimana pengaturan profil anda bisa dioptimalkan untuk mendapatkan impresi yang maksimal.

Isobel Tetchner, seorang eksekutif marketing dari perusahaan media sosial Link Humans, mengatakan profil LinkedIn bukan hanya resume biasa, tapi juga tempat untuk profesioan untuk memamerkan aset dan capaian terbaiknya.

“Profil LinkedIn yang baik akan membantu anda mencapai banyak kesuksesan dalam pekerjaan anda, baik itu terlihat oleh klien potensial, partner, investor, dan perusahaan.” Tulis Tetchner di blog perusahaannya


Alexis Baird, seorang manajer produk untuk profil dari LinkedIn, mengatakan bahwa profil LinkedIn adalah peluang pertama seorang profesional membuat impresi pertama yang baik untuk siapapun yang mencari mereka di jejaring sosial.

Untuk membantu para profesional, Link Humans dan LinkedIn telah bekerja sama menyusun 10 tips untuk membangun profil LinkedIn yang baik:

Tips menulis profil LinkedIn

  • Jual diri anda. Pastikan anda menulis judul headline yang menarik.
  • Pastikan menyertakan dalam industri apa anda bekerja dalam profil anda. Menambahakan industri pekerjaan anda mendapatkan views 15 kali lebih banyak dari biasanya.
  • Manfaatkan alat publishing LinkedIn. Menulis postingan adalah cara terbaik untuk menarik perhatian.
  • Pastikan untuk memasukkan kata kunci jadi anda akan ditemukan dalam pencarian. Ringkasan yang kurang lebih 40 kata atau lebih membuat anda bisa tampil dalam pencarian dari calon perusahaan.
  • Jangan hanya dengan kata-kata, tunjukkanlah. Tambahkan media untuk memperkaya tampilan profil anda. Bahkan hanya dengan menambahkan foto profil dapat menghasilkan view 14 kali lebih banyak daripada seseorang yang tidak mencantumkannya.
  • Susun ulang keahlian anda dan pastikan keahlian yang paling penting dan anda kuasai ada di urutan paling atas. Anggota LinkedIn yang menyertakan keahliannya mendapatkan view profil 13 kali lebih banyak.
  • Sertakan juga kegiatan / pekerjaan volunteer anda. Pekerjaan sukarela (volunteer) sama pentingnya dengan pengalaman kerja. Lebih dari 40 persen manager perekrutan yang disurvei oleh LinkedIn mengatakan bahwa mereka melihat pengalaman kerja sukarela ekuivalen dengan pengalaman pekerjaan formal.
  • Sertakan edukasi anda secara spesifik. Jika anda menyertakan ini dalam profil anda menerima rata-rata 10 kali lebih banyak daripada mereka yang tidak menyertakan.


Artikel diatas menjawab pertanyaan anda tentang tips menulis profil LinkedIn yang baik? Jika anda punya pertanyaan dan tambahan mengenai artikel di atas silahkan tulis di kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk share, like dan retweet artikel ini ya. Terima kasih!