Cara Memulai Bisnis Café

Jika anda selalu bermimpi untuk menjalankan bisnis, maka mempelajari bagaimana cara memulai bisnis café mungkin adalah jawabannya. Dengan perencanaan yang tepat, membuka bisnis café adalah langkah yang sangat mengutungkan. Café anda bisa menjadi tempat orang untuk bersantai, menikmati waktu bersama teman dan keluarga, memesan snack untuk mengganjal perut, atau tempat orang orang yang mencari ketenangan sambil bekerja dengan laptop.

Anda membutuhkan ruang yang lebih kecil dan menu yang lebih sedikit dari restoran. Anda bisa memilih jam buka anda, dan pastikan café anda buka pada jam sibuk. Sebagai contoh, anda berada pada daerah perkantoran yang dimana banyak karyawan istirahat makan siang, bukalah pada siang hari. Cara memulai bisnis café dengan langkah-langkah berikut ini:

Langkah memulai bisnis cafe

Tulis bisnis dan marketing plan café anda. Bisnis plan adalah aspek terpenting dalam bisnis anda, karena dokumen-dokumen ini menunjukkan tindakan anda dalam menjalankan dan memasarkan bisnis anda. Dengan mengacu pada dokumen-dokumen inilah bisnis anda akan mengikuti perencanaan dan mencegah kerugiaan pada pendanaan.


Urus semua legalitas untuk memulai bisnis café di daerah anda. Pastikan anda mendapat semua lisensi, ijin dan asuransi dari pemerintah, kota dan wilayah anda.

Cari pendanaan untuk bisnis anda. Dalam bisnis plan anda, tentukan berapa dana yang dibutuhkan untuk memulai bisnis café. Hubungi investor, ajukan pinjaman atau gunakan modal yang ada pada diri anda untuk memulai bisnis ini.

cara memulai bisnis cafe


Buatlah logo, grafis, kartu nama, dan material promosi lainnya. Ini akan membantu anda untk mengkoordinasikan dekorasi warna pada ruangan café, menu dan alat-alat promosi lainnya.

Carilah beberapa lokasi toko yang berbeda. Lihatlah beberapa tempat yang tersedia untuk disewakan atau dijual. Pilihlah tempat yang sesuai dengan budget anda dan tempat itu merupaka tempat ideal untuk menjaring pelanggan. Jika tempat itu sebelumnya pernah digunakan sebagai café, hal ini akan menghemat waktu dan uang anda untuk mengubah dan merenovasi ulang.

Gantilah dekorasi sesuai dengan warna dan tema. Hal ini tentu akan memperkenalkan dan memperkuat branding anda sebagai café.

Belilah peralatan tambahan yang diperlukan untuk menjalankan café anda. Jika café anda kekurangan meja, kursi, etalase, mesin pembuat kopi dan peralatan-peralatan lainnya uang anda butuhkan untuk menjalankan bisnis, anda perlu membeli barang-barang tersebut.

Buatlah menu café anda. Pilihlah item apa yang mau anda jual, dan atur struktur harganya.

Jalin hubungan dengan pemasok dan distributor. Anda perlu mencari cara terbaik dan efektif untuk mendapatkan bahan makanan dan bahan-bahan lainnya yang anda butuhkan untuk menjelankan bisnis ini sehari-hari. Pemasok dan distributor akan menyediakan bahan makanan dan minuman, peralatan makan dan material pemasaran yang anda butuhkan. 


Pasarkan dan promosikan bisnis café anda, Jika tidak ada yang tahu anda membuka bisnis café, anda mungkin tidak akan mendapat pelanggan sesuai dengan target pasar yang anda inginkan. Mulailah untuk memasarkan dan mempromosikan. Gunakan media cetak atau elektronik, sosial media, promosi dari mulut ke mulut, poster, dan metode lain yang dapat anda gunakan agar banyak orang mengetahui bisnis café baru anda.


Pekerjakan dan latih pegawai (dapur dan pelayan). Orang-orang ini yang akan menjadi tulang punggung dari bisnis anda. Anda akan sangat bergantung dengan staff dapur untuk membuat apapun yang disukai pelanggan, dan anda membutuhkan pelayan untuk melayani pelanggan dengan hangat dan memuaskan.

Bukalah bisnis anda ketika anda siap. Setelah semua yang anda butuhkan sudah lengkap dan bisnis anda siap diluncurkan untuk publik, bukalah pintu anda. Bersiaplah untuk masalah yang tidak anda duga sebelumnya, dan ambil tindakan untuk menyelesaikannya sehingga bisnis café anda berjalan lancar.


Artikel diatas menjawab pertanyaan anda tentang memulai bisnis cafe? Jika anda punya pertanyaa silahkan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Jangan lupa untuk share, like dan retweet artikel ini ya. Terima kasih!