Apa itu Bankir Investasi? - Definisi Bankir Investasi

Apa itu bankir investasi? Definisi terbaik yang dapat anda temukan yaitu di Wikipedia.com: "Bank investasi membantu perusahaan atau pemerintahan dan lembaga-lembaga mereka untuk menggalang dana dengan menjual surat-surat berharga di pasar perdana (primary market). Mereka membantu perusahaan negeri dan swasta untuk menggalang dana di pasar modal (baik ekuitas dan uang), serta dalam memberikan layanan konsultasi strategis untuk merger, akuisisi dan jenis-jenis transaksi keuangan lainnya."

Jadi secara sederhana apa itu bankir investasi?

Jawaban sederhananya adalah, bankir investasi membantu perusahaan menggalang dana dengan:

- Meminjamkan keahlian mereka untuk membantu perusahaan menentukan strategi dan tempat terbaik untuk mendapatkan baik modal atau hutang. Sebagian besar perusahaan tidak punya petunjuk tentang bagaimana melakukan hal-hal tersebut, dan bankir investasi yang handal dapat menyelamatkan sejumlah uang dan waktu mereka.

- Menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk secara akurat menyajikan proposisi nilai untuk pendanaan dan untuk melindungi perusahaan dan investor dari kesalahpahaman. Ingat ini bukan sekedar business plans. Bankir investasi yang baik menyiapkan sesuatu yang disebut private placement memorandum --atau PPM-- yang merupakan dokumen hukum yang dirancang untuk melindungi kedua belah pihak dari investasi yang buruk.

- Memastikan semua peraturan pemerintahan telah diikuti dalam penggalangan modal apapun. Biasanya, pengusaha menggalang dana dengan cara yang melanggar peraturan SEC yang bahkan mereka sendiri tidak tahu itu ada. Kecerobohan itu bisa membahayakan mereka.

apa itu bankir investasi


Bankir investasi, tidak seperti Venture Capitalist (VC), mereka tidak punya dana yang langsung bisa dikucurkan. Sebaliknya, mereka punya jaringan investor (seringkali institusional dan swasta, angel investor yang terakreditasi) yang akan memberikan kesepakatan-kesepakatan yang berkualitas.

Ada hal-hal yang membingungkan dan banyak reputasi buruk tentang mereka. Umumnya, kebanyakan bankir investasi tidak menerima klien tanpa bayaran di muka. Hal inilah yang membuat para pengusaha salah paham karena mereka biasanya "membayar untuk kinerja" dan tidak membayar untuk sesuatu yang belum menghasilkan. Jadi, bagaimana pengusaha memastikan bankir investasi yang baik dan bisa membantu mereka?

Baca juga: Cara menjadi angel investor adalah

Berikut beberapa hal yang akan membantu untuk memilih bankir investasi:

- Pastikan broker dan pelaku investasi telah dilisensi oleh OJK. Anda dapat memastikan ini dengan cara mencarinya di OJK. Telah dilisensi berarti mereka adalah subjek audit OJK secara rutin untuk memastikan semua aksi mereka sesuai dengan peraturan dan regulasi pemerintah.


  • Mintalah contoh keberhasilan mereka sebelumnya. Hal ini penting untuk membangun track record yang baik dalam menggalang dana. Tetapi, kesuksesan di masa lalu tidak akan pernah bisa memprediksi keberhasilan suatu perusahaan pada masa yang akan datang. Variabelnya rumit dan selalu berubah.
  • Sebelum anda menyetujui untuk membayar bankir, mintalah rencana dasar tentang bagaimana, dimana dan dalam bentuk apa pendanaan akan datang. Jika mereka tidak bisa memberikan ide itu di depan, mereka mungkin tidak bisa menjamin ide yang lebih  baik nantinya.
  • Terakhir, tanyakan pada mereka apa yang akan para bankir ini gunakan dan bagaimana mereka dibayar. Jawaban terbaik akan berbunyi seperti ini: Bankir anda akan dibayar selama dua sampai tiga bulan, biasanya dalam tiga kali pembayaran. 2/3 pertama dari waktu akan digunakan untuk melakukan uji kelayakan pada anda, ide, teknologi dan secara umum total nilai proposisi anda. Jika mereka tidak 100% yakin bahwa ide anda layak, mereka akan menghentikan prosesnya dan memberi tahu anda letak ketidaklayakannya. 1/3 yang terakhir akan digunakan untuk mempersiapkan PPM anda dan semua dokumen pemasaran yang berkaitan untuk membantu menggalang modal yang mereka rasa cocok.



Mempekerjakan seorang bankir investasi dapat menjadi keputusan yang cerdas seorang pengusaha bisa lakukan. Seorang bankir akan mengajari mereka tentang hal yang tidak bisa mereka pelajari dari orang lain dan yang paling penting, akan membantu mereka mencapai target pendanaan lebih cepatdaripada kebanyakan rute lain. Bahkan jika ide anda tidak terlalu layak, bankir investasi adalah cara yang paling efektif untuk mengetahui kekurangannya daripada alternatif lain.