9 Ide Bisnis Ramah Lingkungan


Dibutuhkan banyak usaha untuk memulai bisnis, dan hal itu tidak selalu mudah. Tapi, beberapa pengusaha mempunyai kekhawatiran tidak hanya ketika mulai membuka bisnisnya saja karena mereka juga mempunyai perhatian terhadap lingkungan. Berita baiknya adalah, ada banyak cara untuk memulai bisnis dan tetap ramah lingkungan.

Mencapai kesuksesan yang berkelanjutan membutuhkan banyak riset dan kreatifitas -- anda perlu tahu hal/masalah apa yang berdampak pada lingkungan dan mempunyai solusi yang unik dan berdampak positif yang diaplikasikan pada bisnis anda. Apakah anda siap menjadi pengusaha yang ramah lingkungan tapi tidak tahu mulai dari mana? berikut ide bisnisnya

Bisnis Ramah Lingkungan yang Bisa anda Lakukan:


Landscaping Ramah Lingkungan

Landscaping profesional dapat membuat halaman rumah terlihat indah, tapi biasanya proses perawatannya tidak berdampak baik bagi lingkungan. Dengan beberapa teknik ramah lingkungan, anda dapat membantu pemilik rumah membuat halaman mereka lebih hijau. Kami merekomendasikan rumput sintetis, tanaman tahan kering dan penempatan pohon yang strategis yang menghemat air, uang dan tenaga.



Busana Organik atau Daur Ulang

Katun organik, sisa kain dan bahkan botol plastik bisa menjadi bahan utama untuk busana ramah lingkungan. Anda dapat membuat T-shirt ramah lingkungan dengan cetak saring (silk screen), atau desain tas tangan dan aksesoris dengan material daur ulang. Banyak distributor melabel diri mereka sebagai "organik," "fair trade" dan "ramah lingkungan," jadi lakukanlah riset dalam produksi mereka dan pastikan anda mendapatkan sumber kain dari produsen ramah lingkungan yang terkemuka.

Baca juga: 15 ide dan peluang bisnis fashion

Developer Aplikasi Hijau

Ingin membantu orang lain agar mereka terbiasa ramah lingkungan? buatlah aplikasi smartphone. Bisa panduan, referensi, tracking aktivitas hingga games, pengembang aplikasi ramah lingkungan bisa membantu pengguna mempelajari bagaimana hidup yang ramah lingkungan dan membimbing mereka untuk mencapai tujuan dengan gaya hidup yang berkesinambungan. Aplikasi yang anda buat bisa mencakup konservasi energi; daur ulang; produk ramah lingkungan; daftar toko ramah lingkungan atau sesuatu yang kompleks dan interaktif sehingga pengguna dapat menikmati untuk kegiatan sehari-hari.

Konsultan Lingkungan

Apakah anda ahli dalam bidang green living? membantu orang lain untuk hidup lebih ramah lingkungan dengan memulai jasa konsultan lingkungan. Konsultan-konsultan inilah yang akan mengevaluasi rumah dan kantor, dan menawarkan solusi agar rumah klien lebih bersahabat dengan lingkungan. Contohnya memberi saran pada klien untuk mengganti ke peralatan yang energi efisien atau menerapkan program daur ulang. Jadilah konsultan lingkungan yang bersertifikat untuk mendorong kredibilitas anda dengan klien yang potensial.

Jasa Pembersih Saluran Udara

Debu, puning-puing dan partikel-partikel lain yang terkumpul di sistem ventilasi dapat mengurangi keefisienan energi dalam rumah. Bantu pemilik rumah menghemat uang, gas dan listrik dengan membersihkan saluran udara mereka. Anda membutuhkan beberapa peralatan untuk usaha ini, vacuum portabel dan pengetahuan tentang heating, ventilation and air conditioning (HVAC) adalah suatu keharusan.

Bengkel Perbaikan Sepeda

Bersepeda baik untuk lingkungan dan kesehatan. Seperti moda transportasi lainnya, sepeda membutuhkan servis. Pesepeda lokal biasanya membutuhkan servis ringan atau cuci. Jika anda punya ruang lebih di garasi anda, anda juga bisa membeli sepeda tua yang murah, perbaiki dan jual kembali untuk mendapat keuntungan.

Produk Alami/Organik Buatan Tangan

Sabun, kosmetik dan produk pembersih adalah beberapa produk yang bisa dibuat dengan material organik yang umum. Tentu saja, siapapun dapat membuat resep scrub organik dari gula atau cairan pembersih berbahan cuka, tapi anda bisa melihat peluang bisnis dengan cara membundel semua produk dalam satu paket tanpa harus menghabiskan waktu dan tenaga mereka untuk membuatnya. Jual di toko-toko terdekat atau anda bisa menjualnya secara online.

Artikel terkait: Toko online sekarang mudah dimiliki

Furnitur Daur Ulang

Jangan biarkan furnitur tua, rusak anda berakhir di tempat pembuangan sampah. Dengan alat-alat yang tepat anda bisa membongkar dan menyusun kembali kursi, meja dan lemari menjadi baru kembali yang bisa anda cat dan jual.

Pengomposan

Pekebun rumahan di daerah urban atau rumah kecil biasanya tidak mempunyai cukup ruang untuk membuat tumpukan komposnya sendiri. Jika anda bisa meluangkan sudut halaman rumah anda, anda bisa membuat dan menjual kompos tersebut kepada para pekebun rumahan ini. Bisnis ini harus berani kotor (karena anda berhadapan dengan sisa makanan, potingan rumput sampai cacing) tapi anda akan melihat banyaknya permintaan untuk pupuk alami ini diantara para pekebun organik. Pasar petani dan komunitas pendukung pertanian biasanya memesan kompos dalam jumlah besar dan mendistibusikannya, atau anda juga bisa jual langsung pada konsumen.