Tabloid Inggris The
Daily Express minggu kemarin membuat berita utama yang melaporkan meme internet
Grumpy Cat (née Tardar Sauce) telah mendapatkan sekitar US $100 juta sejak
musim gugur 2012, berawal persebarannya dari Reddit hingga sekarang menjadi
selebriti internet.
Tabatha Bundensen,
pemilik Grumpy cat, tidak memberikan laporan pendapatannya secara akurat (dia
menolak untuk memberi tahu). Diasumsikan kucing yang mengkerutkan dahi tersebut
mengumpulkan banyak keuntungan. Setelah meme Grumpy Cat tersebar luas, lalu
muncullah merchandise berlisensi, dua buku, dan film yang baru saja dirilis
(Grumpy Cat’s Worst Christmas Ever), ditambah seringnya kemunculannya di talk
show, termasuk Today Show dan Good Morning America.
Artikel terkait: meme marketing, teknik pemasaran yang efektif
Sejak lama internet
digunakan untuk melihat hewan-hewan lucu. Dan bagian itu belum berubah sama
sekali, namun sama seperti bintang Youtube manusia, beberapa tahun belakangan
ini mulai bermunculan hewan-hewan lucu yang tampil di internet (sosial media,
youtube, meme) dari kucing, anjing, babi, dll. Ben Lashes, manajer Grumpy Cat – yang sukses
dalam karirnya memanajeri kucing-kucing terkenal (termasuk Keyboard Cat dan
Nyan Cat) – baru baru ini mengatakan: “Kucing-kucing ini akan dihormati seperti
ikon pop lainnya dan itu keren.”
Dimulai dari Grumpy
Cat, berikut 5 hewan yang menjadi sensasi di sosial media yang sukses mengubah
ketenaran onlinenya menjadi keuntungan di dunia offline.
Hewan terkenal yang berpendapatan besar
Grumpy Cat
Ekspresi permanen yang
tampak tidak terkesan oleh Grumpy Cat dapat dikaitkan fakta bahwa dia terlahir
sebagai kucing dwarfisme, yang underbite-nya
terlihat jelas.
Sekarang ini, tidak
diketahui seberapa besar yang didapatkan Grumpy Cat dalam beberapa tahun terakhir,
meskipun tidak $100 juta, tapi kira-kira disekitaran itu.
Mari kita jabarkan:
- 16 juta viewers Youtube
- 7 juta follower Faceboook
- 500.000 follower Instagram
- Sederetan produk berlisensi (termasuk satu mainan mewah, satu untuk merchandise termasuk t-shirt, casing handphone dan wallpaper)
- 2 Buku (Grumpy Cat: A Grumpy Book dan The Grumpy Guide to life: Observations from Grumpy Cat)
- 1 endorsement dengan makanan kucing Friskies
- 1 Film (Grumpy Cat’s Worst Christmas Ever, dimana Grumpy Cat akan disuarakan oleh Aubrey Plaza)
Baca juga: 7 bisnis hewan aneh yang sukses di dunia
Boo
“Anjing terlucu di
dunia,” Boo adalah Pomeranian kecil dengan kepala berbulu lebat, dengan
temannya Buddy, telah berhasil memikat pengguna internet dengan keantikannya
- 16,7 juta follower Facebook
- 500.000 follower Instagram
- Banyak kesepakatan berlisensi, termasuk produsen sepatu Australia Crocs (Boo Crocs), The Bentex Group (Boo Swimsuit), Department 56 (Merchandise Boo, termasuk ornamen lliburan, cangkir dan globe air) dan Trends International (Poster Boo).
- 3 Buku (Boo: The Life of the World's Cutest Dog, Boo: Little Dog in the Big City, dan Boo ABC: A to Z with the World's Cutest Dog)
- 1 produk berlisensu dengan produsen mainan mewah Gund (termasuk sandal Boo, sarung telinga dan dompet)
- 1 hoax kematian (bersumber dari penulis Gawker, Sam Briddle yang memancing banyak perhatian ketika dia menulis tweet ‘Boo The Dog Has Died’)
- 1 kesepakatan endorsement dengan Virgin American Airline (Spokesdog dan Official Pet Liaison)
Lil ‘Bub
Lil ‘Bub, si kecil
dari tempat sampah , terlahir dengan beberapa cacat bawaan, termasuk gangguan
tulang, sebuah jari kaki ekstra pada setiap kaki, rahang yang tidak berkembang
secara sempurna (lidahnya terkulai permanen), dan kelainan genetik yang membuat
dia akan terus berukuran seperti anak kucing seumur hidupnya (perma kitten).
Sebagian besar keuntungan Lil ‘bub dari merchandise akan tersaur ke grup
penyelamatan hewan, kata pemiliknya.
- 1,4 juta follower Facebook
- 600.000 follower Instagram
- Berbagai penampilan di talk show, termasuk Good Morning America, Today dan The View
- Tamu di media, termasuk Youtube Big Live Comedy Show dan Meme’d on The Pet Collective.
- 1 lini merchandise independen (yang menjual segalanya tentang Lil ‘Bub dari hoodies, kaus kaki sampai anting-anting)
- 1 Buku (Lil Bub’s Lil Book: The Extraordinary Life of the Most Amazing Cat on the Planet)
- 1 Film dokumenter (Lil ‘Bub & Friendz, diproduksi oleh Vice Media)
- 1 talk show (dimana Lil ‘Bub, dibantu dengan subtitle, mewawancarai tamu seperti Whoopi Goldberg dan sesama selebriti hewan Little Prince)
Chris P. Bacon
Chris P. Bacon,
seperti yang anda kira, dia adalah babi. Dia terlahir tanpa kaki belakangnya
dan pemiliknya membuatkan kaki roda dari mainan. Video Youtube Chris P. Bacon
yang sedang belajar berjalan sangat cepat menarik perhatian dari banyak
pengguna internet.
- 2 Juta viewer di Youtube
- 115.000 follower di Facebook
- Kemunculan di banyak acara TV, termasuk Today Show dan talk show Anderson Cooper’s
- 2 Buku (Chris P. Bacon My Life So Far.. dan How to Roll ike Chris P. Bacon)\
- 1 t-shirt eksklusif
- 1 PBS show (My Bionic Pig)
- 1 film animasi yang akan segera diluncurkan (Chris P. Bacon Saves Christmas)
Baca juga: 5 tips viral dengan sosial media
Tuna
Tuna adalah Chiweenie
berumur 4 tahun yang ditemukan di pinggiran jalan Los Angeles, dan diselamatkan
oleh pemiliknya sekarang. Dia memiliki rahang tersembunyi, tapi tidak menghalanginya
untuk tampil secara publik di sosial media. Tampilan khas Tuna membuat pengguna
Instagram terpesona dan membuatnya menjadi selebriti internet.
- 1,1 juta follower instagram
- Kemunculan di berbagai acara TV, termasuk Today Show
- Banyak lini produk (termasuk t-shirt, cangkir dan poster)
- 1 kesepakatan buku (The Underdog with the Overbite yang akan segera dirilis)
- 1 tur East Coast (yang disponsori oleh BarkBox!; Tuna mengunjungi 8 kota dalam 24 hari)