Peluang Bisnis Makanan yang Menguntungkan

Jika ada industri bisnis yang tidak mungkin turun, itu adalah industri makanan. Terlepas dari situasi ekonomi, cuaca, atau apapun, orang harus makan. Orang-orang mungkin akan berhenti membeli baju, dan perhiasan tapi mereka tidak akan berhenti makan.

Juga, bisnis ini sangat cepat berkembang dan bisa anda mulai dimanapun sesuai lokasi tarket anda. Jadi jika anda tertarik untuk memulai bisnis makanan, di bawah ini beberapa peluang bisnis makanan untuk anda mulai dan juga mengembangkan bisnis makanan yang sudah anda miliki.

Bisnis makanan menguntungkan

Menjadi produsen makanan
Industri makanan sangat bergantung sekali pada produsen, Untuk membuat hamburger, bisnis fast-food membutuhkan daging dan tepung; dimana diproduksi oleh petani atau peternak. Untuk menyajikan menu salad, restoran membutuhkan seledri dan kentang. Ada tidak perlu skill memasak dan bisnis plan yang rumit untuk menjadi petani.

Jika anda bisa bercocok tanam atau berternak binatang seperti sapi, ayam, babi, kelinci, siput, atau kambing, anda pasti akan menemukan pembeli lokal dan berkesempatan untuk ekspor keluar negeri. Anda juga bisa mengembangkan perkebunan skala besar seperti perkebunan kelapa sawit, pisang, jeruk, nanas, dll.

Stan makanan atau kelilling
peluang bisnis makanan yang menguntungkan
Apakah anda tahu bisnis roti keliling adalah bisnis yang menguntungkan? Menjual makanan mungkin adalah salah satu masalah bagi orang yang ingin memulai bisnis makanan. Alasannya adalah kebanyakan orang tidak punya modal untuk membuka restoran atau gerai fast-food. Jika anda ingin untuk menjual makanan siap saji, anda tidak perlu ruang dengan biaya sewa tinggi.

Salah satu peluang bisnis makanan modal kecil adalah dengan menggunakan gerobak makanan atau stan. Anda dapat mengoperasikannya secara gratis atau sedikit biaya. Berhasil atau gagalnya bisnis ini tergantung lokasi anda. Anda tidak perlu mendorong gerobak anda kemanapun, anda cukup berkonsentrasi untuk membuat makanan yang disukai dan mempekerjakan seseorang untuk menjajakan makanan keliling anda.

Makanan beku
Makanan beku merupakan makanan siap saji yang bisa disimpan dalam waktu yang lama. Ada banyak jenis makanan yang bisa anda jual dalam keadaan beku seperti chicken nugget, es krim, yoghurt, dll.

Pemrosesan makanan
Apakah anda punya modal untuk diinvestasikan dalam mesin dan peralatan? Maka anda bisa memulai pabrik pemrosesan makanan. Faktanya, tidak ada batasan makanan apa yang bisa diproses dan dikemas. Itu semua keputusan anda. Anfa bisa memproses biji sawit menjadi minyak sawit, kentang, singkong ubi, kakao menjadi minuman, susu sapi mentah menjadi susu olahan, tomat segar menjadi tomat kalengan, dll.


Restoran
JIka anda mempunya keterampilan memasak, adna bisa memulai bisnis restoran dan melayani pengunjung yang ingin makan. Anda bisa membuat restoran berskala kecil, medium atau besar tergantung target konsumen anda. Anda juga bisa memilih untuk menyajikan makanan lokal atau mancanegara.


Fast food
Memulai bisnis fast food adalah ide menguntungkan yang harus anda coba. Franchise populer dan dominan seperti McDonald’s, Starbuck, KFC, Burger King, dll. Anda juga bisa mencari franchise lokal di daerah anda.

Makanan organik
Peluang bisnis makanan tidak akan pernah lengkap tanpa bisnis makanan organik. Selama bertahun-tahun, makanan organik banyak sekali dicari karena manfaat kesehatannya. Idealnya, makanan organik bebas dari bahan kimia, seperti pengawet, pewarna, dan bebas pestisida. Anda dapat membuat retail makanan organik segar, untuk melayani supermarket atau individu-individu vegetarian.

Membuat toko roti / bakery
Roti sudah menjadi makanan pokok bagi sebagian orang di dunia, jika anda suka membuat roti atau menghias kue dan membuat hobi anda ini menguntungkan cobalah untuk membuka toko roti / kue anda sendiri, atau melayani pesanan untuk pesta ulang tahun atau pernikahan.


Food / culinary blogging
Jika anda suka mencicipi makanan di berbagai tempat atau sekedar mencoba berbagai resep tapi tidak mempunyai modal cukup untuk membuka bisnis di atas, anda dapat membuat blog khusus makanan atau kuliner. Blog anda dapat berfokus pada teknik memasak, resep masakan rahasia, review-review restoran yang anda kunjungi, dll. Tulis saja seperti cara baru membuat omelet, atau membuat olahan daging inovatif yang anda coba sendiri di rumah
Anda dapat mendapatkan uang dari blog anda dengan tampilan iklan (AdSense, produk affiliate), menjual eBook resep-resep rahasia anda atau menjual produk orang lain.